Redam Gejolak Harga Pangan, GPM Sasar Masyarakat Sumaja Makmur

Redam Gejolak Harga Pangan, GPM Sasar Masyarakat Sumaja Makmur

Pemkab Muara Enim melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menyasar masyarakat Desa Sumaja Makmur, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumsel. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Gejolak harga pangan menjadi salah satu penyebab inflasi dan permasalahan yang dihadapi Pemerintah.

Dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di daerah termasuk di Bumi Serasan Sekundang, Pemkab Muara Enim tentu tidak akan tinggal diam.

Upaya yang dilakukan untuk memerangi laju inflasi dengan melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menyasar masyarakat Desa Sumaja Makmur, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumsel, pada Selasa 27 Februari 2024.

Kegiatan GPM ini dibuka oleh Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. A Yani Heriyanto.

BACA JUGA:Bupati Muara Enim Sidak Pasar Jelang Natal, Segini Harga Cabai dan Bawang

Turut mendampingi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Muara Enim, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim.

Ada juga Camat Gunung Megang, Forkopimcam Kecamatan Gunung Megang, Kades Sumaja Makmur, Tokoh Pemuda Desa Sumaja Makmur, dan masyarakat Desa Sumaja Makmur.

Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H. A Yani Heriyanto, mengatakan bahwa orogram GPM di Desa Sumaja Makmur ini merupakan salah satu dari berbagai kegiatan pengendalian inflasi di Kabupaten Muara Enim yang sudah dilaksanakan.

Seperti kegiatan lainnya yaitu pasar murah, operasi pasar, program subsidi pangan, dan pengecekan harga pasar. 

BACA JUGA:BPR Gerbang Serasan Muara Enim Targetkan Laba Rp3,6 Miliar di Tahun 2024

Kegiatan GPM yang digelar bersama Perum Bulog ini juga telah dilaksanakan di Kecamatan Panang Enim, Kecamatan Rambang, Kecamatan Rambang Niru.

Juga sudah dilaksanakan di Kecamatan Semende Darat Tengah dan Kecamatan Semende Darat Laut, Kecamatan Sungai Rotan, dan halaman Kantor Dinas Komunikasi Informatika Muara Enim.

Yani mengatakan, bahwa Pemkab Muara Enim juga melakukan berbagai upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Seperti Penyaluran Beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dengan kemasan per paket yakni beras 5 kg, terigu 1 kg, minyak 1 liter seharga Rp83 ribu yang dilaksanakan di Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Ujan Mas, Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung, dan Kecamatan Belimbing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: