MTQ Muara Enim ke-40 Tahun 2024 Diikuti 524 Peserta

MTQ Muara Enim ke-40 Tahun 2024 Diikuti 524 Peserta

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali membuka MTQ ke-40 Tingkat Kabupaten Muara Enim di Kecamatan Kelekar. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Sebanyak 524 peserta dari 22 kecamatan se-Kabupaten Muara Enim mengikuti lomba MTQ ke-40 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung dari 23 hingga 29 Februari 2024 di Kecamatan Kelekar, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim.

Hadir juga Sekda Muara Enim, para Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:12 PPK Kecamatan Tidak Ada PSU

Lalu ara Camat se-Kabupaten Muara Enim, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat, para kafilah MTQ berasal dari 22 kecamatan.

Ahmad Rizali mengatakan bahwa MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim ini merupakan kegiatan rutin keagamaan yang sangat positif dan telah menjadi tradisi yang melekat dalam kultur masyarakat maupun bangsa. 

Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat karena selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif.

Juga secara nyata telah terbukti mampu  menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

BACA JUGA:Kolaborasi PAMA dan MTSN 1 Muara Enim, Membangun Lingkungan Sekolah Bebas Bullying

"Di setiap penyelenggaraan MTQ, sepatutnya untuk senantiasa memperbaharui dan memantapkan niat bahwa MTQ ini merupakan bagian dari ibadah kita, karena tentunya yang di  musabaqah-kan adalah kalam dan firman Allah SWT yang diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan masyarakat untuk senantiasa mempelajari serta memahami Al Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup," kata Ahmad Rizali.

"Selain itu tentunya dapat pula kita jadikan sebagai ajang silaturrahim dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan, ukhuwah Islamiah bagi sesama umat Muslim," lanjutnya.

Pemkab Muara Enim memiliki tanggungjawab dan komitmen yang kuat untuk menciptakan Bumi Serasan Sekundang yang Agamis melalui usaha-usaha peningkatan sumber daya manusia yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan demi mewujudkan masyarakat dan generasi penerus yang beriman, bertakwa dan berakhlak karimah.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan MTQ, Pemkab Muara Enim berusaha memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Al Quran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: