Muara Enim Sudah Steril dari Alat Peraga Kampanye

Muara Enim Sudah Steril dari Alat Peraga Kampanye

Petugas Bawaslu dan Panwascam mensterilkan alat peraga kampanye (APK) pada masa tenang Pemilu 2024. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Masa tenang menjelang Pemilu 2024 semua Alat Peraga Kampanye (APK) yang ada di Kabupaten Muara Enim sudah steril atau dilepas.

Termasuk yang berada di billboard maupun bendera-bendera partai.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim, Zainudin, mengatakan bahwa mulai Sabtu 10 Februari 2024 malam penertiban sudah dilakukan.

"Keesokan harinya pada 11 Februari 2024 juga sudah dilakukan penertiban secara besar-besaran di seluruh kecamatan," jelas Zainudin.

Sejauh ini, lanjutnya, semua APK sudah terlepas dan ditertibkan, saat ini sedang dilakukan pendataan.

"Kalau untuk bendera itu sudah dilepas sendiri oleh Partai Politik (Parpol) jadi kami sangat terbantu," ungkapnya.

Menurutnya, APK yang ditertibkan tersebut saat ini masih didata apakah nanti akan dikembalikan atau dimusnahkan.

"Kalau mau mengambil misalnya dari pihak calegnya itu sekarang belum bisa, karena ini sedang masa tenang jadi mengantisipasi agar tidak disalahgunakan," bebernya.

Terkait alat kampanye yang melalui media sosial yang terdaftar di KPU itu sudah disampaikan ke Kominfo untuk di-takedown.

"Yang agak sulit itu kalau medsos yang sifatnya pribadi karena itu sulit untuk melacaknya, jadi kami imbau untuk tidak menyebarkannya selama masa tenang ini," tegasnya.

Berkaitan dengan APK, meskipun bisa dikatakan sudah 100 persen, pihaknya akan terap melakukan patroli sampai ke tingkat desa.

"Termasuk memantau potensi terjadinya money politik yang tentunya harus dicegah agar pemilu kita berjalan dengan baik," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: