Pastikan Ketersedian dan Stabilitas Harga Pangan Aman

Pastikan Ketersedian dan Stabilitas Harga Pangan Aman

Pj Bupati Muara Enim sidak ke pasar untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan. Foto: ozzi enimekspres--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Guna memastikan ketersediaan, distribusi, dan stabilitas harga 12 bahan pangan dalam keadaan cukup dan aman, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Inpres Muara Enim (Pasar Induk), Rabu 7 Februari 2024. 

Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali dalam sidak itu bersama dengan Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Dandim 0404/Muara Enim, Kapolres Muara Enim, dan Kajari Muara Enim.

Selain itu turut hadir juga hadir diantaranya Kadis Perdagangan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis TPH dan Peternakan, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Kominfo, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kasat Pol-PP, Camat Muara Enim, Kabag Perekobang dan SDA, Kabag Kerjasama, dan Kepala UPTD Pasar Muara Enim.

Selain menyapa para pembeli dan masyarakat sekitar, Pj Bupati berkeliling menyusuri pasar tersebut sembari mampir berdialog langsung dengan para pedagang mengenai ketersediaan dan harga bahan pangan

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Ajak Warga NU Sukseskan Pemilu 2024, Ini Pesannya

BACA JUGA:Menjadikan Masyarakat Desa Mandiri Pangan, Ini Yang Dilakukan PKK Muara Enim

"Hari ini sengaja kami turun langsung ke Pasar Induk Muara Enim lengkap bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim, guna memastikan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan dalam keadaan aman dan cukup karena pasar merupakan salah satu yang menjadi tolak ukur inflasi," ucap Rizali.

Setelah dikroscek harganya tadi sebetulnya hampir sama dengan harga-harga daerah lain yang normal-normal saja, tidak ada kenaikan harga yang signifikan dan stok dalam keadaan cukup.

“Nanti kita akan kumpulkan distributor atau agen yang langsung berhubungan dengan pedagang pasar, umumnya yang berada di Muara Enim untuk berkoordinasi dalam rangka meringankan beban masyarakat,” ungkap Pj Bupati didampingi Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim. 

Disambungnya, pemerintah akan mengadakan bantuan-bantuan harga agar lebih murah dan masyarakat lebih bisa membeli dan memenuhi kebutuhannya. 

BACA JUGA:Sukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Gubernur Sumsel Herman Deru Ajak Emak-emak Tanam Cabai dan Bawang

BACA JUGA:Memanfaatkan Sampah Daun Kering di Lapangan Sekolah Menjadi Kompos Sederhana, Begini Prosesnya

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Jhony Eka Putra, mengatakan  monitoring ketersediaan stok dan harga bahan pokok sangat penting. 

"Pemantauan dan pengawasan ini dilakukan guna memastikan ketersediaan stok yang cukup dan stabil, serta menjaga agar harga-harga tidak naik terlalu tinggi sehingga masih terjangkau bagi masyarakat,” ujar Kapolres Muara Enim didampingi Kasi Humas AKP Situmorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: