Sukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Gubernur Sumsel Herman Deru Ajak Emak-emak Tanam Cabai dan Bawang

Sukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Gubernur Sumsel Herman Deru Ajak Emak-emak Tanam Cabai dan Bawang

Gubernur Sumsel Herman Deru ajak emak-emak tanam cabai dan bawang di pekarangan rumah dalam rangka sukseskan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). Foto : DOK--

MARTAPURA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Dalam rangka mensukseskan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), Gubernur Sumsel Herman Deru mengajak emak-emak untuk menanam cabai dan bawang.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumsel Herman Deru saat menghadiri acara pengajian Akbar Ahad Pon Yayasan Idarotul Hidayah di Ponpes Romadhon Desa Kotabaru Barat, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sumsel pada Minggu 11 Juni 2023.

Apalagi sejak diluncurkan akhir tahun 2021 lalu, Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang diinisiasi Gubernur Sumsel Herman Deru cukup berkontribusi mengendalikan inflasi serta menurunkan angka stunting di Sumsel.

Agar pengendalian inflasi semakin baik dan penurunan stunting signifikan, Gubernur Sumsel Herman Deru mengajak kaum perempuan terutama ibu-ibu rumah tangga gencar menerapkan program GSMP di lingkungan rumah masing-masing.

BACA JUGA:Ajak Masifkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Ini yang Disampaikan Herman Heru kepada Pengurus PW KB PII

BACA JUGA:Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar Apresiasi Gubernur Sumatera Selatan Inisiasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

"Selama ini di rumah ibu-ibu misalnya ada 10 pot bunga, sekarang itu digeser. Diubah pakai 5 potnya untuk menanam cabai, bawang, tomat cerry, dan lainnya,” kata Gubernur Sumsel Herman Deru.

“Jadi kalau suatu waktu butuh tidak usah membeli lagi. Semua itukan bisa ditanam di pekarangan rumah," lanjut orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini.

Tak hanya berperan mengendalikan inflasi, peran emak-emak menurut Herman Deru juga sangat besar bagi tumbuh kembang generasi muda.

Sebagai madrasah pertama bagi anak-anak, peran ibu sangat vital menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas, terutama dalam menyambut bonus demografi sekitar 2 dekade mendatang.

BACA JUGA:BI Akui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Berkontribusi Tekan Laju Inflasi

BACA JUGA:Erick Thohir Akui Program Sumsel Mandiri Pangan yang Digagas Herman Deru Sejalan dengan Kementerian BUMN

Oleh karena, itu ia berharap sebagai madrasah pertama anak-anak, para emak-emak dapat memberikan bekal ilmu yang cukup bagi anak-anak yakni ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama.

"Makanya saya terima kasih sekali berkat peran para ibu ini pula angka stunting kita turun drastis hingga 6 persen. Bahkan Sumsel bisa masuk 10 Provinsi terbaik dalam pengendalian inflasi. Ini berkat ibu-ibu juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: