Wisata Paling Keren di Palembang Naik Puncak Menara Jembatan Ampera, Panorama Indah dari Ketinggian 75 Meter

Wisata Paling Keren di Palembang Naik Puncak Menara Jembatan Ampera, Panorama Indah dari Ketinggian 75 Meter

Puncak menara jembatan Ampera jadi objek wisata baru, panorama indah kota Palembang bisa dinikmati dari ketinggian 75 meter. Foto: doc enimekspres--

Perancangannya dimulai pada tahun 1962 oleh insinyur dari Jerman bernama Freidrich Stapf, dan pembangunannya dimulai pada tahun 1964 di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno.

Selesai dibangun pada tahun 1965, Jembatan Ampera segera menjadi simbol kebanggaan bagi warga Palembang.

BACA JUGA:4 Tempat Wisata Sejarah di Palembang, Nomor 3 Lokasinya Tak Jauh dari Jembatan Ampera

Namun, lebih dari sekadar lambang kemajuan teknologi, jembatan ini juga menjadi saksi bisu sejarah perjalanan politik di Indonesia.

Pembukaan jembatan ini dilakukan oleh Presiden Soekarno dan menjadi lambang penting saat masa peralihan kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru.

Jembatan Ampera tidak hanya menjadi simbol politik, tetapi juga mendukung pertumbuhan sosial dan ekonomi di kota Palembang.

Mobilitas antarwilayah terbantu secara signifikan, memungkinkan pertumbuhan ekonomi di kedua sisi sungai. Juga, menjadi salah satu destinasi wisata sekaligus sarana rekreasi bagi warga setempat dan wisatawan.

BACA JUGA:Fakta Tentang Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak

Seiring berjalannya waktu, Jembatan Ampera mengalami pemeliharaan dan renovasi untuk menjaga keamanan serta kualitasnya.

Pada tahun 2010, jembatan ini mengalami perluasan dengan penambahan jalur lalu lintas sebagai respons terhadap pertumbuhan kendaraan bermotor di Palembang. 

Tahun 2023 lalu, Jembatan Ampera sudah pembaharuan cat, sehingga warnanya sudah tampak lebih cerah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: