Kenapa Motor Listrik Honda EM1e dan Yamaha E01 Gak Ikut Disubsidi? Ini Jawabannya

Kenapa Motor Listrik Honda EM1e dan Yamaha E01 Gak Ikut Disubsidi? Ini Jawabannya

Motor listrik Honda Em1e. Foto : astra-honda.com--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Dari 33 model motor listrik yang disubsidi Pemerintah, tidak ada satu pun berasal dari brand ternama seperti Honda, Yamaha atau Suzuki.

Padahal produsen besar tersebut sudah mengeluarkan motor listrik, misalnya, dari Honda ada EM1e, dari Yamaha ada E01, bahkan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, Suzuki akan merilis 8 model motor listrik sekaligus.

Masyarakat menanti dan bertanya, khususnya bagi yang ingin membeli motor listrik, kenapa sejak awal program motor listrik subsidi pada Maret 2023 lalu hingga kini belum juga ada dari merek kenamaan tersebut di atas.

Terbukti, dalam daftar produk di situs sisapira.id sebagai informasi resmi dari Pemerintah seputar perkembangan penyaluran motor listrik subsidi tidak ada menampilkan produk dari Yamaha, Honda, dan Suzuki.

BACA JUGA:Hanya Rp 16 Juta! New Honda Supra 125 Matic 2023 Siap Menggantikan Honda Beat untuk Lawan Yamaha Mio125  

Nyatanya, apabila brand besar tersebut ikut bermitra dengan Pemerintah untuk menerima subsidi, maka diyakini akan mempercepat terwujudnya ekosistem motor listrik di Indonesia karena sisa kuota yang sekarang masih sekitar 195 ribu unit akan terjual habis sampai akhir tahun ini. 

Di samping masyarakat yang berminat membeli motor listrik subsidi dihadapkan makin banyak pilihan, sudah tentu semua produsen penerima subsidi akan semakin bersemangat dan terdorong meningkatkan kualitas, caranya dengan terus berupaya menaikkan nilai dari angka minimal 40 persen.

Sebab, merujuk pada Peraturan Menteri Perindustrian No 06 tahun 2023 Jo No 21 tahun 2023, setiap produsen harus memiliki nilai terendah dalam sertifikat tingkat komponen dasar (TKDN) setiap produk minimal 40 persen.

Sehingga, dengan nilai ambang terendah itu setiap industri akan berlomba-lomba mencapai nilai setinggi-tingginya karena tidak mau kalah dengan dua brand yang sudah memiliki nama besar tersebut yaitu Honda dan Yamaha.

BACA JUGA:Honda EM1e Masuk dalam Program Motor Listrik Subsidi? Ini Jawabannya

Meski demikian tetap saja ada kekhawatiran apabila motor listrik Honda EM1e dan Yamaha E01 masuk anggota yang disubsidi Pemerintah.

Di mana roda ekonomi seperti tersendat karena pembagian uang subsidi dari Pemerintah sebesar Rp 7 juta per unit cenderung tidak merata.

Ratusan miliar anggaran negara dikhwatirkan tidak merata ke produsen, karena bisa jadi numpuk di beberapa produsen saja.

Itu dikarenakan motor listrik subsidi yang laris akan terpusat pada merek ternama itu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: