Jaraknya Cuma 96 Km dari Ibukota Provinsi, 2 Kali Mekar. Kabupaten Ini Tetap Jadi Daerah Terluas di Bengkulu

Jaraknya Cuma 96 Km dari Ibukota Provinsi, 2 Kali Mekar. Kabupaten Ini  Tetap Jadi Daerah Terluas di Bengkulu

--

ENIMEKSPRES.CO.ID, BENGKULU---Provinsi Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Sumatera. Provinsi Bengkulu beribukota di Bengkulu.

Di mana Kota Bengkulu berhadapan langsung dengan garis Pantai Samudra Hindia.

Provinsi Bengkulu terletak dibagian Barat Daya Pulau Sumatera. Pada 2020, Provinsi Bengkulu berpenduduk sebanyak 2.091. 314 juta jiwa.

Provinsi Bengkulu berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Lampung, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Barat dan berbatasan dengan wilayah Provinsi Jambi.

BACA JUGA:Yuk Praktekkan Sekarang! Begini Cara Menyimpan Jeruk Nipis dengan Benar, Dijamin Tidak Kering dan Menguning

Berdasarkan data pada 2021, Provinsi Bengkulu memliki  luas keseluruhan  19.919,33 Km.

Dengan luas yang kecil, menjadikan Provinsi Bengkulu menjadi urutan pertama provinsi terkecil didaratan pulau Sumatera. Serta provinsi diurutan ke-10 provinsi terkecil di Indonesia.

Tapi, jika dihitung dengan provinsi dengan daerah kepulauan. Maka Provinsi Bengkulu adalah Provinsi Bengkulu berada diurutan ketiga terkecil di pulau Sumatera, setelah Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Bangka Belitung.

Ternyata, dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Kabupaten Bengkulu Utara menjadi daerah yang terluas di Provinsi Bengkulu.BACA JUGA:Bukan Lambar, Apalagi Kota Metro. Ada yang Tahu Daerah Mana Nomor Satu Penghasil Beras Terbesar di Lampung

Di mana jarak dari Kota Bengkulu ke Kabupaten Bengkulu Utara hanya 96 Km atau bisa ditempuh perjalanan darat kurang lebih sekitar tiga jam.

Di Kabupaten Bengku Utara terletak di kawasan Pesisir Pantai Barat Sumatera ini, beribukota di Arga Makmur.

Kabupaten Bengkulu Utara menjadi nomor satu terluas di Provinsi Bengkulu karena memiliki luas wilayah 4.324,60 km persegi.

Dulunya Kabupaten Bengkulu Utara termasuk salah satu kabupaten yang cukup luas di Provinsi Bengkulu.BACA JUGA:Ini 6 Kemungkinan yang Membuat Motor Listrik Bekas Banyak Dijual, Padahal Baru Aja Booming!

Namun karena adanya pemekaran yakni Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Muko-Muko, menjadikan wilayah Kabupaten Bengkulu Utara berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: