Dulu Cuma Rawa Gambut, Kini Jadi Pusat Olahraga Internasional dan Bisnis di Palembang. Bisa Tebak di Mana?

Dulu Cuma Rawa Gambut, Kini Jadi Pusat Olahraga Internasional dan Bisnis di Palembang. Bisa Tebak di Mana?

Salah satu sudut kawasan Jakabaring dengan fasilitas transportasi jalur LRT--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG—Dulu pada tahun 1990 an, salah satu kawasan di Kota PALEMBANG yang satu ini, tidak terlalu terkenal. Bahkan kawasan ini dahulunya adalah hamparan rawa gambut dan persawahan.

Tapi kini, setelah 20 tahun berlalu, kawasan tersebut berkembang pesat. Kawasan tersebut dikenal sebagai kawasan Jakabaring.

Ya, itu karena Jakabaring memiliki kawasan olahraga yang terlengkap di Indonesia. Mulai dari stadion Gelora Sriwijaya, Lapangan Tembak, Lapangan Voli Pantai, ski, stadium aquatic dan lainnya sebagainya.

Maklum, Kota Palembang dengan kawasan Jakabaringnya sangat wajar terkenal di Indonesia dan dunia internasional.

BACA JUGA:30 Menit dari Palembang, Wisata Gratis Melihat Sunset di Sore Hari. Iconnya Jembatan Mirip di Batam

Itu dikarenakan, Kota Palembang sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004 dengan kawasan olahraga Jakabaring sebagai venew utamanya pertandingan sejumlah cabor.

tahun berselang, pada 2018 Kota Palembang dengan stadion Jakabaring dan beberapa fasilitas olahraga lainnya, juga sukses menyelenggarakan Asian Games, yang diikut pululuhan negara-negara di Asia. Suksesnya PON dan Asian Games tersebut salah satunya terobosan dari mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin yang menjabat saat itu.

Pengembangan wilayah Jakabaring, juga tak lepas dari Edy Santana Putra yang saat itu menjabat Walikota Palembang, yang sukses mengembangkan wilayah Jakabaring menjadi salah satu kawasan modern di Kota Palembang.

Selain menjadi kawasan pusat olahraga bertaraf internasional. Saat ini kawasan Jakabaring, juga sudah semakin pesat dan menjadi salah satu pusat bisnis di Kota Palembang.

BACA JUGA:Mau Ganti Kampas Rem Mobil? Ini Rekomendasinya, Jangan Sembarangan Ya

Di kawasan Jakabaring juga sudah berdiri OPI Mall, hotel berbintang, pusat pemerintahan, kawasan perumahan dan Jakabaring juga terhubung ke jalan tol Palembang-Indralaya-Prabumulih.

Ya, sebagai informasi ternyata Jakabaring adalah sebuah singkatan dari suku-suku mayoritas yang ditinggal di kawasan itu.

Jakabaring terdiri dari Ja (arti Jawa), Ka (artinya Kaba sebutan untuk orang Semendo Muara Enim), Ba (artinya Batak) dan Ring (artinya Komering).

Sehingga kawasan Jakabaring banyak didiami oleh oleh orang-orang empat suku tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: