Pagaralam Terendah Persentase Penduduk Miskin di Sumsel, Bahkan di Bawah Nasional. Hebat dan Keren Ini datanya

Pagaralam Terendah Persentase Penduduk Miskin di Sumsel, Bahkan di Bawah Nasional. Hebat dan Keren Ini datanya

Salah satu destinasi wisata yang dimiliki Kota Pagaralam yang memiliki persentase penduduk miskin terendah di Sumsel--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL--- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (SUMSEL) bersama 17 kabupaten/kota masih terus berupaya menurunkan angka kemiskinan di wilayah masing-masing di bawah satu digit. Secara umum Provinsi SUMSEL memiliki presentase kemiskin 11,90 persen dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 1.045 jiwa. 

Persentase kemiskinan Sumsel tersebut masih di atas persentase kemiskinan Indonesia secara nasional yakni 9,57 persen pada September 2022, dengan jumlah penduduk miskin di Indonesia sebanyak 26,36 juta jiwa.

Di Sumsel hanya ada satu daerah yang tingkat persentase kemiskinanya di bawah satu digit yakni Kota Pagaralam yakni 8,47 persen dengan 12 ribu penduduk/jiwa yang masuk kategori miskin.

Data tersebut diperoleh berdasarkan hasil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel pada 2022.

BACA JUGA:Terkenal Kabupaten Kaya, Penghasil Migas. Ternyata Muba Juga Penghasil Karet Terbesar di Sumsel. Cek Fakta?

Bahkan persentase kemiskinan penduduk Kota Pagaralam tersebut juga berada di bawah persentase kemiskinan secara nasional  9,57 persen pada September 2022. Tentunya keren dan hebat untuk Kota Pagaralam. 

Sementara terdapat enam kabupaten/kota lain persentasenya di bawah persentase kemiskin Sumsel, namun masih berada dua digit.

Sisanya hampir 10 kabupaten/kota lain persentase kemiskinannya masih tinggi berada di dua digit dan di atas persentase Sumsel.

Diketahui, Kota Pagaralam adalah salah satu kota kecil yang ada di Provinsi Sumsel. Kota Pagaralam baru berusia 22 tahun.

BACA JUGA:Resep Tengkleng Kambing Khas Solo, Alternatif Olahan Daging Kurban di Hari Raya Idul Adha

Kota Pagaralam dahulunya adalah kota administratif yang masuk wilayah Kabupaten Lahat. Kemudian pada 2001, Kota Pagaralam berubah status menjadi Kota penuh dan memisahkan diri dari Kabupaten Lahat.

Kota Pagaralam berjarak sekitar 291 km dari Kota Palembang sebagai ibukota Sumsel. Kota Pagaralam alam berhawa sejuk dan dingin, karena berada di bawah kaki gunung dempo.

Karena alam yang sejuk, Kota Pagaralam juga terkenal banyak objek wisata mulai dari kebun the, air terjun dan berbagai macam wisata buatan.

Kota Pagaralam dengan luas wilayah 633,7 km, dengan jumlah penduduk sekitar 147.071 jiwa. Dengan luas wilayah tidak terlalu besar dan penduduk yang tidak terlalu banyak. Sehingga wajar Kota Pagaralam memiliki tingkat kemiskinan paling rendah di sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: