Ternyata Bukan Pagaralam, Ini Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Sumsel, Jaraknya 307 Km dari Palembang

Ternyata Bukan Pagaralam, Ini Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Sumsel, Jaraknya 307 Km dari Palembang

salah satu petani di OKU Selatan sedang memetik tanaman kopi--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL--- Meski terkenal dengan kenikmatan kopinya, ternyata bukan Kota Pagaralam sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Kota Pagaralam hanya berada dinomor urut lima dengan produksi kopi dari 17 kabupaten/kota di Sumsel.

Ada yang bisa tebak daerah mana penghasil kopi terbesar di Sumsel? Daerah tersebut jaraknya cukup jauh dari Kota Palembang sebagai ibukota Sumsel yakni 307 km.

Daerah tersebut yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) menjadi nomor satu dalam produksi kopi terbesar di Sumsel.

Perkebunan dan tanaman kopi di Kabupaten OKU Selatan tersebar di 20 kecamatan yang ada.

BACA JUGA:8 Pantai Hits di Merak Belantung di Lampung Selatan, Nomor Terakhir Mirip di Bali Populer di Medsos

Yaitu Kecamatan Mekakau Ilir, Banding Agung, Warkuk Danau Selatan, BPR Ranau Tengah, Buay Pemaca, Simpang, Buana Pemaca, Muara Dua, Buay Rawan.

Kemudian kecamatan Buay Sandang aji, Tiga Dihaji, Buay Runjung, Runjung Agung, Kisam Tinggi, Muara Dua Kisam, Kisam Ilir, Pulau Beringin, Sindang Danau, dan Kecamatan Sungai Are.

Tifografi Kabupaten OKU Selatan sangat cocok dengan tanaman kopi. Sebab bercuaca dingin dan sejuk. Kawasan Kabupaten OKU Selatan dikelilingi bukit barisan dan sejuk hawa gunung seminung. Sehingga tanaman kopi bisa tumbuh subur.

Selain itu, setiap daerah atau kecamatan di OKU Selatan memiliki tanaman kopi, tidak hanya dibeberapa kecamatan saja seperti beberapa daerah lain di Sumsel.

BACA JUGA:Idul Adha di Indonesia dan di Arab Saudi Berbeda, Kenapa?

Berikut data produksi kopi di Sumsel pada 2022, sebagaimana dikutip oleh enimekspres.co.id di laman bps sumsel.

Secara umum produksi kopi Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2022 lalu yakni 206.307.00 ton. 

Dinomor urut satu ada Kabupaten OKU Selatan dengan produksi kopi sebanyak 62.359.00 ton. Nomor dua ada Kabupaten Empat Lawang dengan produksi kopi sebanyak 54.000.00 ton. Nomor tiga ada Kabupaten Muara Enim dengan produksi kopi sebanyak 27.653,00 ton.

Kemudian ada Kabupaten Lahat dengan produksi kopi sebanyak 22.010.00 ton. Kota Pagar Alam produksi kopinya sebanyak 16.375,00 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: