Kolaborasi PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 dan PLTU 3-4 Nagan Terangi Pulau Sumatera

Kolaborasi PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 dan PLTU 3-4 Nagan Terangi Pulau Sumatera

Ilustrasi listrik dari PLTU. Foto : Nicole Köhler dari Pixabay--

SUMATERA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) besar, yaitu PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 dan PLTU 3-4 Nagan siap berkolaborasi menjamin pasokan listrik di Pulau Sumatera.

PLTU 3-4 Nagan yang berlokasi di Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh dengan kapasitas 2x230 megawatt (MW) diketahui telah beroperasi mulai 2 Juni 2023.

Sementara PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumsel dengan kapasitas 2x660 megawatt (MW), bulan Juni 2023 ini terakhir masa uji coba terbatas.

Selanjutnya, mulai September 2023 akan operasional penuh menyusul PLTU 3-4 Nagan.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Kerja PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Batu Bara Sehingga Bisa Hasilkan Arus Listrik?

BACA JUGA:Dilema PLTU Mulut Tambang Sumsel 8, Antara Batu Bara dan Energi Baru Terbarukan

Kedua pembangkit listrik yang berbahan bakar utama batu bara tersebut sama-sama masuk dalam program pemerintah untuk memenuhi target listrik 35.000 megawatt (MW).

Manager Operaional PLTU 3-4 Nagan, Ridwan mengatakan, operasional pembangkit listrik tersebut memang sangat ditunggu masyarakat, mengingat kebutuhan listrik di masyarakat khususnya di Pulau Sumatera terus meningkat.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bukit Asam, selaku ‘pemilik’ PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 sebelumnya dilansir dari laman ptba.go.id juga mengatakan, jika nanti sudah operasional, pembangkit listrik yang akan memerlukan sekitar 5,8 juta ton batu bara setiap tahun ini juga akan mensuplai kebutuhan masyarakat di Pulau Sumatera secara umum, dan masyarakat Sumatera Selatan secara khusus.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail mengatakan, mulai September 2023 PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 capai status Commercial Operation Date (COD). 

BACA JUGA:Program 35.000 MW Baru Tercapai 16.596 MW, PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Sumbang 2x660 MW

BACA JUGA:Bukan Hanya PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Saja, Sudah 415 Unit Pembangkit Listrik Telah COD

Sejak pada 7 Mei 2023 telah dilakukan uji penyaluran arus listrik (energize) sebagai umpan tenaga listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) atau backfeeding powernjalur Sutet 275 kV di Lumut Balai ke PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 atau dikenal juga dengan nama PLTU Tanjung Lalang.  

Uji coba itu, katanya, berhasil dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: