Nasi Uduk Palembang Dapat Ditemukan di Jogja, Di Sini Tempatnya

Nasi Uduk Palembang Dapat Ditemukan di Jogja, Di Sini Tempatnya

Nasi Uduk adalah salah satu makanan yang mudah untuk kita jumpai di beberapa kota yang ada di Indonesia. FOTO : NET--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Provinsi Sumatera Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), keduanya memiliki kemiripan kuliner khas daerah yang  hampir sama.

Jika di Palembang Sumsel ada nasi uduk, di Bantul Yogyakarta pun nasi uduk tidak sulit di jumpai.

Ketika kita sedang berkunjung ke Palembang Sumsel, akan mudah menemukan masakan khas dengan nama Nasi Uduk atau bisa juga dinamakan Nasi Gemuk.

Akan tetapi, jika sedang berkunjung ke Kabupaten Bantul DIY kalian jangan lupa mampir untuk mencicipi kuliner Nasi Uduk khas Bantul.

BACA JUGA:Adanya PLTU Mulut Tambang Sumsel 8, Herman Deru Kian Optimis Sumsel Jadi Lumbung Energi Nasional

BACA JUGA:Simpel, Ini Resep Asli Pindang Meranjat Khas Ogan Ilir Sumsel

Ada beberapa tempat yang menyediakan menu Nasi Uduk, salah satunya yaitu Kedai Srawung Saklawase berlokasi di kawasan Ngestiharjo Kasihan Bantul.

Meskipun tergolong sama akan tetapi ada ciri khas berbeda yang dapat dirasakan antara Nasi Uduk Palembang dan Nasi Uduk Jogja itu sendiri.

Cerita dari pemilik kedai Srawung Saklawase, ‘Fatimah Gladies RK itu berasal dari kota Pempek Palembang yang memiliki keinginan membuka usaha kedai makan masakan khas dari Kampung halamannya, Suaminya, Ivan yang berasal dari Jogja pun menyetujui dan memberi banyak dukungan’.

Menurut Gladies ‘kalau di jogja itu nasi uduknya semacam nasi gemuk atau biasa di sebut nasi lemak, akan tetapi kalau di daerah asalnya Palembang itu dinamakan Nasi Gemuk’.

BACA JUGA:Waduh! Tak Tahan Diejek, Pria Ini Bacok Tetangganya Sendiri, Ibu Meninggal Dunia, Anak Luka Berat

BACA JUGA:Kotohok, Pindang Jawa Timur yang Bersaing Adu Lezat dengan Pindang Sumsel

Bahkan, selain Nasi Uduk di tempat usahanya juga menyediakan makanan khas sumatera selatan lainnya, seperti Pindang Patin.

Pindang Patin adalah lauk dengan bumbu aneka rempah-rempah asli  yang berasal dari Indonesia, bahkan yang di campurkan pada masakan pindang tidak hanya patin, melainkan bisa juga memasukkan daging ayam, buntut,serta daging sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: