Bersama Menteri Perhubungan, Gubernur Sumsel Pantau Arus Balik Lebaran 2023 di Terminal AAL Palembang

Bersama Menteri Perhubungan, Gubernur Sumsel Pantau Arus Balik Lebaran 2023 di Terminal AAL Palembang

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumsel Herman Deru pantau arus balik lebaran 2023 di Terminal Alang-alang Lebar (AAL) Palembang. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

BACA JUGA:Tinggal 5 Bulan Lagi, Jabatan 10 Kepala Daerah di Sumsel Termasuk Gubernur Akan Berakhir

"Jadi jalan nasional dan jalan provinsi ini masuk dalam kategori rendah rusaknya. Apalagi menjelang arus mudik lebaran ini kita kerja keras untuk kenyamanan para pemudik itu," ungkapnya.

Selain itu, Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan RI yang menerima usulannya dalam manajemen angkutan mahasiswa Unsri.

"Saya terima kasih Pak Menteri ternyata Kemenhub sangat mengapresiasi usalan saya untuk menajemen angkutan mahasiswa di Unsri. Jadi ternyata Pak Menteri menyambut baik dan sudah dikoordinasikan dengan beberapa BUMN dan Rektor. Jadi Pak Menteri dan Pemprov Sumsel akan mengambil langkah khusus dalam penanganan angkutan mahasiswa ini," tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Provinsi Sumsel dan Babel, Denny Michels Adlan mengatakan dalam persiapan mudik ini dari awal hingga sekarang yang diutamakan adalah dari sisi keamanan.

BACA JUGA:Pengumuman Penting! 1 Mei 2023 Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Sumsel Kembali Ditutup, Ini Alasannya

Dalam pemantauan mudik ini juga sudah disiapkan 7 posko yang tersebebar di beberapa wilayah dan 5 posko di pelabuhan.

Dia memaparkan untuk keberangkatan bus tahun ini ada kenaikan armada 10 persen dari 53.389 menjadi 56.862.

Untuk terminal Alang-alang Lebar (AAL) sendiri pada H-3 hampir kurang lebih ada sekitar 2.000 penumpang yang mudik sementara untuk yang datang ada kurang lebih 1.900 dan ini cukup tinggi.

Selain itu, terpantau juga di arus jalan tol di mana transportasi di Jalan Tol Keramasan dan Jalan tol Palembang-Indralaya itu ada peningkatan.

BACA JUGA:Kabar Terbaru, Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim Sumsel Dimulai Setelah 2024, Segini Anggarannya

"Untuk Tol Kerasaman tahun 2022 ada sekitar 210.038 kendaraan, sedangkan di tahun 2023 sebesar 215.910 naik 3 persen. Dan Jalan Tol Palembang-Indralaya pada tahun 2022 ada 148.379 kendaraan, sedangkan di tahun 2023 ada 242.587 naik 63,5 persen," ulasnya.

Pada kesempatan ini Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumsel Herman Deru melihat langsung masyarakat yang hendak mudik menggunakan bus dan memantau arus lalu lintas di ruang Pusat Kendali Comand Center BPTD Wilayah VII Sumsel dan Babel. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: