Antisipasi Kemacetan di Perlintasan Kereta Api, Polres Muara Enim Minta PT KAI Atur Ulang Jadwal Operasional

Antisipasi Kemacetan di Perlintasan Kereta Api, Polres Muara Enim Minta PT KAI Atur Ulang Jadwal Operasional

Anggota Satlantas Polres Muara Enim mengurai kemacetan lalu lintas di pintu perlintasan kerata api. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk mengantipasi kemacetan lalu lintas di perlintasan kereta api menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Polres Muara Enim meminta kepada KAI Divre III Palembang untuk mengatur ulang perubahan pola operasi angkutan Kereta Api Batubara Rangkaian Panjang (Babaranjang).

Pasalnya, kemacetan sering terjadi hampir di setiap pintu perlintasan Kereta Api akibat tingginya aktivitas angkutan batu bara, sehingga sangat menganggu para pengguna jalan.

“Pada hari biasa saja sering membuat kemacetan apalagi pada arus mudik lebaran nanti,” kata Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi, Minggu 16 April 2023.

BACA JUGA:1 Korban Ditabrak Kereta Api Babaranjang Meninggal Dunia, 3 Dirawat Intensif

BACA JUGA:Tanggapi Keluhan Masyarakat, Plt Bupati Muara Enim Dukung Pihak Berwajib Tertibkan Tambang Batu Bara Ilegal

Menurut Andi, kemacetan lalu lintas terutama di pintu perlintasan Kereta Api itu akibat tingginya aktivitas angkutan batu bara yang diangkut melalui jalur Kereta Api.

Akibatnya banyak komplain masyarakat terkait kemacetan panjang kendaraan roda empat dan roda dua hingga puluhan kilometer.

Apalagi ini mendekati arus mudik Lebaran Idul fitri 1444 H, seperti perlintasan sebidang Kereta Api yang berada di Simpang Belimbing Desa Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing dan Perlintasan sebidang Kereta Api di Kecamatan Gelumbang.

“Kita sudah mengkonfirmasi kepada pihak PT KAI dengan bapak Yuskal Setiawan selaku Kadivre III Palembang untuk mengatur ulang jadwal keberangkatan dan melintas Kereta Api Babaranjang," jelasnya.

BACA JUGA:Tiket Kereta Api Bisa Dipesan 45 Hari Sebelum Keberangkatan, Begini Cara Pesannya

BACA JUGA:Anggota Satlantas Polres Ogan Ilir Siaga di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, Kasat Lantas Beri Pesan Begini

"Kasihan masyarakat yang menggunakan jalan raya harus terdampak tiap hari, karena kelamaan ditutup palang pintunya karena menunggu kereta api babaranjang yang akan melintas dan pada saat melintas,” ucap Kapolres Muara Enim.

Dikatakan Kapolres Andi, dari informasi beberapa petugas Palang Pintu Kereta Api bahwa dalam satu jam Kereta Api melintas sebanyak 9 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: