Kabupaten Muara Enim Jadi Pelopor UHC di Sumsel

Kabupaten Muara Enim Jadi Pelopor UHC di Sumsel

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS.

Dengan begitu, menjadikannya Kabupaten Muara Enim sebagai pelopor UHC di Provinsi Sumsel.

Penghargaan itu atas komitmen Pemkab Muara Enim dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Bumi Serasan Sekundang.

Jaminan kesehatan dimaksud diberikan lewat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) milik BPJS Kesehatan.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Bisa Dipakai ke Layanan Psikiater, Ini Caranya

Penghargaan ini secara langsung diberikan oleh Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian yang diterima Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah.

Penyerahan penghargaan UHC dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin di Balai Sudirman Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.

Penghargaan UHC 2023 diberikan kepada 22 Provinsi dan 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal ini bahkan berhasil mewujudkan UHC atau melebihi dari 95 persen penduduknya terlindungi sebagai peserta JKN.

BACA JUGA: Pimpin Rapat Soal Pelaksanaan BPJS Kesehatan di Muara Enim, Ini Harapan Sekda Riswandar

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih yang membawahi Kabupaten Muara Enim, per 1 Maret 2023 Kabupaten Muara Enim sebagai pelopor UHC di Provinsi Sumsel melebihi target UHC dengan 99,05 persen dengan cakupan 624.848 dari jumlah penduduk 630,809.

Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Kabupaten Muara Enim meraih UHC dari pemerintah pusat.

Kaffah memastikan dan berkomitmen akan tetap memberikan pelayanan kesehatan sebagai hak dasar masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari program JKN.

"Pemkab Muara Enim berkomitmen mewujudkan pelayanan kesehatan yang mudah, setara, dan berkualitas bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: