Mantap, Harga Karet di Daerah Ini Tembus Rp20 Ribu per Kg

Mantap, Harga Karet di Daerah Ini Tembus Rp20 Ribu per Kg

Harga karet di Kabupaten OKI, Sumsel tembus Rp20 ribu per kg untuk kadar kering 100 persen. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

Saat ini, produksi getah karet sedang menurun.

Hal tersebut terjadi karena saat ini sering turun hujan, sehingga menjadi penghalang bagi petani untuk menyadap pohon karetnya.

BACA JUGA: Petani Mengeluh, Harga Karet di Muara Enim Turun, Begini Harapan Mereka

BACA JUGA: Soal Anjloknya Komoditas Sawit dan Karet, Begini Kata Bupati Kurniawan di Hadapan Petani

“Produksi karet menurun karena belakangan ini sering turun hujan,” tambah Zulkarnain lagi.

Dikatakan Zulkarnain juga, bahwa hasil produksi gerah karet akan menurun ketika musim penghujan seperti sekarang, alasannya petani harus menunggu dulu pohon karet kering baru bisa disadap.

“Jika malam harinya hujan, saat pagi petani belum bisa menyadap, karena harus menunggu kering dulu. Siangnya baru disadap,” tukas dia.

Abdulloh Faeq, salah satu petani karet di Desa Bumi Harjo, Kabupaten OKI, dirinya biasa menjual karet 2 pekan sekali sesuai dengan jadwal.

BACA JUGA: Tragis! Pria Ini Ditemukan Tewas di Kebun Karet dengan Kepala Bersimbah Darah

BACA JUGA: Curi Getah Karet, Warga Embacang Diringkus Team Puma Polsek Gelumbang, Lihat Tuh Tampangnya

“Jadi karet kita dikumpulkan dulu di UPPB. Untuk harga karet saat ini cukup tinggi, yaitu Rp10 ribu per kg karena kita jual dengan kadar 50 persen. Kami masih berharap angka ini masih bisa tembus Rp12 ribu-Rp14 ribu per kg,” ungkap Faeq. (*)

Artikel ini telah tayang di sumeks.co dengan judul "Harga Karet di Kabupaten OKI Tembus Rp20.237 Per Kilogram, Sayang Produksi Menurun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: