Plt Bupati Buka MTQ Tingkat Kabupaten Muara Enim ke-39 Tahun 2023

Plt Bupati Buka MTQ Tingkat Kabupaten Muara Enim ke-39 Tahun 2023

Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah memukul bedug menandai dibukanya MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim ke-39 Tahun 2023. Foto : ANDRE/ENIMEKSPRES.CO.ID--

Oleh karena itu, lewat MTQ ini, Pemkab Muara Enim berusaha memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Al Quran (BTA).

“Al Quran sebagai sumber dari segala sumber hukum, dan sumber ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji, sehingga Pemkab Muara Enim memandang keluhuran ajaran Al Quran sebagai pedoman dan pandangan hidup manusia perlu dikembangkan melalui proses pendidikan, baik secara formal maupun nonformal,” urai dia.

Disebutnya pula, untuk mendukung hal tersebut, Pemkab Muara Enim telah meluncurkan program Khotmil Quran yang diikuti oleh Pelajar SD, SMP sederajat, termasuk juga para guru, staf, serta jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se-Kabupaten Muara Enim.

Kemudian, pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2023 ini mempunyai peran penting dalam proses pembinaan dan penyeleksian para kafilah Kabupaten Muara Enim untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) dan MTQ tingkat Provinsi Sumsel mendatang.

“Untuk itu mari kita perbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi, karena nantinya diharapkan para kafilah kita mampu berlomba dengan kafilah-kafilah dari kabupaten/kota lainnya,” harap Kaffah

Disamping itu, Kaffah juga berpesan agar seluruh peserta berkompetisi secara baik dan jujur dengan tetap mengedepankan sportivitas dan ukhuwah Islamiah.

“Mari bersama kita bangun Kabupaten Muara Enim yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur,” tutup Kaffah.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Emran Tabrani yang juga Ketua Panitia MTQ ke-39, dalam laporannya menyampaikan MTQ tahun ini memperlombakan 7 cabang dengan 23 tangkai perlombaan.

Antara lain, tilawah, tartil, dan tahfidz untuk kelompok anak, remaja, serta dewasa.

“Dengan peserta qori dan qoriah sebanyak 713 orang berasal dari 22 kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim,” jelas Emran Tabrani. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: