HK Pastikan Rest Area yang Dikelola Penuhi Standar Pelayanan Minimal

HK Pastikan Rest Area yang Dikelola Penuhi Standar Pelayanan Minimal

Jalan tol trans Sumatera (JTTS). Foto : DOK--

SUMATERA, ENIMEKSPRES.CO.ID - PT Hutama Karya (HK) memastikan rest area yang dikelola pihaknya telah memenuhi standar pelayanan minimal.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, mengatakan, rest area sebagai fasilitas pendukung pada jalan tol.

Maka itu, rest area yang dikelola pihaknya telah memenuhi spesifikasi  Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan kriteria yang berlaku di jalan tol.

Kata Koentjoro, HK saat ini mengoperasikan sebanyak 21 rest area permanen.

BACA JUGA: Jalan Tol Trans Sumatera Membuka Simpul Ekonomi Baru

Kemudian 4 rest area temporary sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 28 Tahun  2021.

“Rest area kami cukup nyaman yang dilengkapi dengan dengan tempat parkir yang luas, toilet memadai, musola, SPBU, SPKLU, minimarket, restoran, bengkel, dan tenant UMKM,” jelas Koentjoro dikutip Minggu 5 Maret 2023.

Dipaparkan Koentjoro, saat ini rest area yang telah beroperasi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dikelola oleh HK meliputi 12  rest area di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Lokasinya di KM 20 Jalur A dan B, KM 33 Jalur  A dan B, KM 49 Jalur  Adan B, KM 67 Jalur A dan B, KM 87 Jalur A dan B, KM 116 Jalur A dan B.

BACA JUGA: Minta Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim Sumatera Selatan Segera Dilanjutkan, Ini Harapan Masyarakat

Kemudian 9 rest area di Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung tepatnya di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306  B, dan KM 311 A.

Sementara Ruas Pekanbaru-Dumai baru disediakan rest area temporary, hal itu karena untuk lahan rest area permanen sebelumnya mengalami keterlambatan pembebasan lahan.

Di sana saat ini baru terdapat 4 rest area, lokasinya di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B, KM  82 Jalur A dan B.

Di sisi lain, HK menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: