Sambut Musim Haji 2023, Ini yang Dilakukan Kemenag Muara Enim

Sambut Musim Haji 2023, Ini yang Dilakukan Kemenag Muara Enim

Rangkaian kegiatan manasik haji sudah mulai dilaksanakan oleh Seksi PHU Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim. Foto : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muara Enim siap menyambut musim haji tahun 2023.

Rangkaian kegiatan manasik haji sudah mulai dilaksanakan oleh Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim, beberapa waktu lalu.

Bertindak sebagai narasumber Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara Enim H. Khairul Fahmi, menjelaskan dasar prinsip ibadah haji dan umroh.

“Pahami proses dan dasar prinsip ibadah haji agar mampu menjalankan ibadah secara baik dan maksimal. Sehingga jemaah memperoleh haji yang mabrur,” tutur Fahmi.

BACA JUGA:Kemenag Bentuk Tim Penyelesaian Dokumen dan Pemvisaan Jemaah Haji Reguler 2023

Fahmi juga mengajak para calon jemaah agar mulai melatih tingkah  laku, dan sifat agar menjadi lebih baik, sehingga pada saat keberangkatan menuju ketanah agar sifat tersebut telah terlatih.

“Pada saat kita akan menuju hari keberangkatan, akan banyak rintangan dan coba yang akan bapak ibu hadapi. Oleh karenanya jemaah harus mulai terbiasa sabar,” ungkap fahmi.

Ia juga menambahkan bahwa selama dalam menjalankan ibadah haji diharapkan JCH menaati aturan-aturan yang telah ditetapkan di negara Indonesia dan di negara Arab Saudi.

Karena dengan demikian perjalan ibadah bapak dan ibu tidak terhambat dengan hal-hal yang tidak di inginkan.

BACA JUGA:Beredar Surat Percepatan Pelaksanaan Haji, Kemenag: Hoax

Di dalam materi yang disampaikan juga diajarkan cara tayamun, shalat qashar, tawaf, tata cara pemakaian ihram.

Kasi PHU Kemenag Muara Enim, Yanimansyah juga mengatakan bahwa manasik haji merupakan sebuah pelatihan tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh yang wajib di ikuti oleh calon jamaah.

“Manasik haji ini sangat penting sebagai bekal kita nanti di tanah suci dalam menjalankan berbagai rangkaian ibadah haji,” tuturnya.

Selain itu, Yani juga mengatakan pada proses manasik haji ini calon jamaah akan mempelajari bagaimana melakukan niat, termasuk rukun dan syarat sebelum melaksanakan haji, apa saja aturan pelaksanaan haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: