Deputi Gubernur Bank Indonesia Apresiasi Komitmen Gubernur Sumsel Sinergikan GNPIP dengan GSMP

Deputi Gubernur Bank Indonesia Apresiasi Komitmen Gubernur Sumsel Sinergikan GNPIP dengan GSMP

Acara soft launching GNPIP Tahun 2023 di Provinsi Sumsel di Hotel Arista Palembang, Jumat 24 Februari 2023. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Gubernur Sumsel H. Herman Deru berharap soft launching Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Provinsi Sumsel tidak hanya menghasilkan diskusi saja, namun berlanjut ke eksekusi di lapangan.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat menghadiri acara soft launching GNPIP Tahun 2023 di Provinsi Sumsel di Hotel Arista Palembang, Jumat 24 Februari 2023.

"Dengan dipilihnya Sumsel menjadi tuan rumah soft launching ini tentu kita ada tanggungjawab moril karena semua mata akan tertuju ke Sumsel. Makanya saya ajak semua untuk bersinergi, bagaimana gerakan ini tidak hanya menghasilkan diskusi lagi tapi eksekusi di lapangan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru mengimbau agar apapun rekomendasi dari hasil rapat maupun pertemuan seperti ini untuk segera eksekusi.

BACA JUGA:Lagi, Gubernur Sumsel Herman Deru Ajak Warga Sukseskan Program GSMP

Meskipun saat ini cuaca cenderung berubah-ubah, namun dengan konektivitas infrastruktur yang telah dibangun melalui jalur darat diyakininya distribusi komoditas pangan akan terjaga di Sumsel.

Lebih jauh ia mengatakan dipilihnya Sumsel menjadi salah satu tempat dimulainya gerakan pengendalian inflasi khususnya di sektor pertanian sangatlah wajar.

Sebab Sumsel merupakan salah satu Provinsi lumbung pangan.

Selain itu, Sumsel juga telah menginisiasi program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) serta memiliki rapot yang baik dalam pengendalian inflasi. 

 BACA JUGA:Muara Enim Dukung Penguatan GSMP, Ini yang Dikatakan Pj Sekda Kabupaten Muara Enim

Pada kesempatan itu Gubernur Herman Deru sempat menjelaskan kilas balik lahirnya program GSMP.

Saat itu menurutnya, kondisi tengah pandemi Covid-19 di mana semua sektor terjadi perlambatan baik itu sektor transportasi, jasa, pariwisata, dan lainnya.

Sedangkan salah satu komoditas diketahui kemungkinan menjadi penyebab terjadinya inflasi.

Setelah melihat dan membaca potensi pertanian Sumsel yang demikian luar biasa, tidak ada cara lain untuk menekan laju inflasi tersebut adalah dengan mengubah mindset masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: