Bawaslu Muara Enim Menggelar Deklarasi Guna Mensukseskan Pemilu 2024 Nanti, Ini yang Dikatakan Ketua Bawaslu

Bawaslu Muara Enim Menggelar Deklarasi Guna Mensukseskan Pemilu 2024 Nanti, Ini yang Dikatakan Ketua Bawaslu

Bawaslu Muara Enim menggelar deklarasi “Siaga Pengawasan Pemilu Satu tahun Menuju Pemilu 2024”. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor Bawaslu Muara Enim, Selasa (14/2) pagi di Jl SMB II Muara Enim. FOTO : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai mengoptimalkan pengawasan pemilu serentak pada 2024 mendatang. 

Salah satuya, Bawaslu Muara Enim menggelar deklarasi “Siaga Pengawasan Pemilu Satu tahun Menuju Pemilu 2024”. 

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor Bawaslu Muara Enim, Selasa 14 Februari 2023 pagi di Jl SMB II Muara Enim.

Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno SHI  pada kesempatan tersebut  membacakan sambutan Ketua Bawaslu RI mengatakan, satu tahun menjelang hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, Bawaslu semakin mematangkan langkah-langkah dalam mengoptimalkan pengawasan Pemilu dari berbagai aspek.

BACA JUGA:Petugas Coklit di Kecamatan Ujanmas Muara Enim Sumsel Mulai Datangi Warga

BACA JUGA:Ratusan Siswa TK IT Rabbani Muara Enim “Serbu” Markas Damkar

“Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas demokrasi agar Pemilu dapat berjalan dengan Langsung Umum Bebas dan Rahasia (Luber) dan Jujur dan Adil (Jurdil),” kata Suprayitno.

Masih kata Suprayitno, saat ini Bawaslu telah menyusun pedoman dan alat kerja pengawasan yang menjadi acuan kerja pengawas pemilu di setiap tingkatan dari level desa hingga nasional. 

Sebagai pedoman dalam melakukan tindakan pengawasan pendaftaran pemilih. 

Untuk meminimalisasi munculnya pelanggaran pemilu, sambungnya, Bawaslu juga melakukan tindakan pencegahan sebagai upaya mencegah pelanggaran Pemilu sejak dari “hulu”.

BACA JUGA:MenPAN-RB Diminta Megawati untuk Memperhatikan Nasib Tenaga Honorer

BACA JUGA:Tepis Hoak Penculikan, Ini yang Dilakukan Aparat Penegak Hukum (APH) Polres Muara Enim

"Dalam rangka optimalisasi tindakan pencegahan, Bawaslu membangun sistem laporan hasil pencegahan yang tersinkronisasi di setiap tingkatan baik dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, hingga Bawaslu Kabupaten/Kota bahkan sampai ke tingakat desa,"  terang dia.

Kemudian Bawaslu perlu menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga yang berhubungan langsung maupun tidak langsung tidak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: