Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum Penopang Tertinggi Pertumbuhan Perekonomian Sumsel

Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum Penopang Tertinggi Pertumbuhan Perekonomian Sumsel

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Zulkipli. Foto : NET--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel) tumbuh 5,23 persen.

Ternyata, sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum menjadi penopang pertumbuhan perekonomian Sumsel tertinggi dengan kontribusi sebesar 14,67 persen pada triwulan IV 2022.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Zulkipli mengatakan pertumbuhan ekonomi tersebut terjadi hampir di seluruh lapangan usaha.

Dia menyebut, selain sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, sektor Transportasi dan Pergudangan juga memiliki andil pertumbuhan ekonomi dengan kontribusi sebesar 11,73 persen.

BACA JUGA:Ekonomi Sumsel Tumbuh Signifikan Mencapai 5,23 Persen

Lalu diikuti pula sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 10,41 persen.

"Sementara, Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian yang memiliki peran dominan, tumbuh 6,27 persen," sebut Zulkipli, Senin 6 Februari 2023.

Adapun Industri Pengolahan tumbuh sebesar 4,39 persen serta Pertanian, Kehutanan dan Perikanan tumbuh sebesar 3,82 persen.

"Namun, Jasa Keuangan justru kontraksi pertumbuhan sebesar 0,60 persen," terangnya.

BACA JUGA:Herman Deru Sampaikan Pidato Pengantar Pengajuan 4 Raperda di Paripurna DPRD Sumsel, Ini Isinya

Sementara di sisi pengeluaran, sektor Komponen Ekspor Luar Negeri menopang PDRB Sumsel dengan kontribusi sebesar 41,57 persen.

Diikuti Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) sebesar 5,99 persen dan Komponen Pengeluaran Konsumsi LNPRT (LK-LNRPT) sebesar 5,42 persen.

"Lalu disusul juga oleh Komponen PK-P sebesar 1,21 persen. Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi pada 2022 tumbuh positif," tutupnya.

Perekonomian Sumsel berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp591,60 triliun pada tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: