Ekonomi Sumsel Tumbuh Signifikan Mencapai 5,23 Persen

Ekonomi Sumsel Tumbuh Signifikan Mencapai 5,23 Persen

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Foto : NET--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Perekonomian Sumsel berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp591,60 triliun pada tahun 2022.

Jika diukur atas dasar harga konstan 2010, ekonomi Sumsel tumbuh sebesar 5,23 persen atau mencapai Rp343,48 triliun.

Pertumbuhan ekonomi Sumsel pada tahun 2022 tersebut tentu lebih baik dari tahun 2021 lalu yang hanya sebesar 3,58 persen.

Peningkatan itu tentu tak lepas dari kegigihan Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui berbagai program.

BACA JUGA:Petani Sawit Harap Rencana Harga Acuan CPO Berdampak Positif ke Harga TBS

Salah satunya menggeliatkan pertumbuhan UMKM dan sektor pertanian.

Berkat upaya itu, maka tak heran sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum menjadi penopang pertumbuhan perekonomian Sumsel dengan kontribusi sebesar 14,67 persen pada triwulan IV 2022.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Zulkipli mengatakan pertumbuhan ekonomi tersebut terjadi hampir di seluruh lapangan usaha.

Dia menyebut, selain sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, sektor Transportasi dan Pergudangan juga memiliki andil pertumbuhan ekonomi dengan kontribusi sebesar 11,73 persen.

BACA JUGA:Neraca Perdagangan Ekspor Sumsel Naik 43,42 Persen, Ini Penjelasan BPS Sumsel

Lalu diikuti pula sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 10,41 persen.

"Sementara, Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian yang memiliki peran dominan, tumbuh 6,27 persen," sebut Zulkipli, Senin 6 Februari 2023.

Adapun Industri Pengolahan tumbuh sebesar 4,39 persen serta Pertanian, Kehutanan dan Perikanan tumbuh sebesar 3,82 persen.

"Namun, Jasa Keuangan justru kontraksi pertumbuhan sebesar 0,60 persen," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: