Seks dan Narkoba Jalur Penularan HIV/AIDS Paling Rentan

Seks dan Narkoba Jalur Penularan HIV/AIDS Paling Rentan

Ilustrasi. Foto : KEMENKES/NET--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Banyak jalur penularan penyakit HIV/AIDS yang harus diwaspadai, di antaranya melalui jalur seks dan narkoba paling rentan.

Demikian dikatakan dr. Zalmah selaku narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim pada acara sosialisasi HIV AIDS kepada 50 pelajar SMAN 1 Lawang Kidul dalam rangka bulan K3 Nasional Tahun 2023, PT Bina Sarana Sukses (BSS) Site PT Manambang Muara Enim (MME) Darmo, Selasa 31 Januari 2023.

"Remaja ini sangat rentan dengan pergaulan bebas. Yang perlu diwaspadai, bagaimana penularan penyakit HIV AIDS ini melalui darah, sperma, dan air susu ibu serta hubungan sex tidak aman,” ulas dia.

Selain itu, penularan virus mematikan itu dapat pula melalui tranfusi darah, jarum suntik tidak serteril.

BACA JUGA:Ibu-ibu! Waspada Campak, Segera Imunisasi Balita Anda ke Posyandu

“Salah satunya pengguna narkoba yang memakai jarum suntik heroin, dan putau," ungkapnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Operasional (PJO) PT BSS Site MME, Ariyanto pada saat membuka acara ini mengatakan, sosialisasi kesehatan HIV AIDS ini upaya perusahaan membentengi generasi muda di sekitar operasional perusahaan.

Menurutnya, efek dari pergaulan bebas, serta akses informasi cepat dari internet saat ini, sehingga memerlukan filter agar dapat dicegah sedini mungkin.

Salah satunya mencegah penularan HIV AIDS dan mencegah pernikahan dini.

BACA JUGA:Waspada Wabah Campak saat Musim Hujan, Kadinkes Muara Enim Beri Pesan Begini

"Kasus di Ponorogo Jawa Timur beberapa waktu lalu bisa menjadi pembelajaran, yakni sebanyak 1.800 siswa meminta dispensasi karena pernikahan dini,” ungkap Ariyanto.

“Menikah itu baik, akan tetapi jika terjadi masih usia sangat belia itu bisa berpotensi tidak baik, sebab usia pelajar itu tingkat kematangan secara mental, dan finansial nya belum cukup," lanjut dia.

Kemudian ditambahkan Health Sefty And Environtment (HSE), Korentinus Ajep Tarigan, sosialisasi kesehatan ini adalah program ekstetnal PT BSS yang berdampak pada sosial di sekitar operasional perusahaan.

Salah satunya melalui upaya pencegahan penularan HIV AIDS melalui edukasi yang diikuti para pelajar SMA Negeri 1 Lawang Kidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: