Ruas Jalan Licin Karena Angkutan Batu Bara, Pemotor Banyak Jatuh

Ruas Jalan Licin Karena Angkutan Batu Bara, Pemotor Banyak Jatuh

Jalan lintas di Desa Darmo licin karena lumpur dan tumpahan batu bara. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Para pengguna jalan mengeluhkan kondisi jalan lintas Sumatera ruas Tanjung Enim-Simpang Meo, Muara Enim, Sumsel, yang kotor berdebu bahkan berlumpur.

Bahkan akibatnya banyak pemotor yang didominasi para pelajar terjatuh karena jalanan licin.

Lokasi tersebut di Jalan Lintas Sumatera, Tebing Sehedang, Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kondisi jalan lintas Sumatera terutama di ruas jalan tersebut sudah beberapa tahun terakhir cukup memprihatinkan.

BACA JUGA:Tragis! Pria Ini Ditemukan Tewas di Kebun Karet dengan Kepala Bersimbah Darah

Sebab akibat tingginya volume angkutan batu bara telah menyebabkan jalanan menjadi berdebu dan bewarna hitam jika musim kemarau dan berlumpur atau becek jika musim penghujan. 

Puncaknya hari ini, Selasa 24 Januari 2023 di lokasi Tebing Sehedang puluhan anak sekolah dan warga yang hendak beraktivitas banyak yang terjatuh akibat jalan berlumpur dan licin.

Meski belum ada korban jiwa, namun masyarakat terutama anak-anak sekolah terpaksa harus pulang ke rumah karena pakaiannya kotor dan basah terkena lumpur.

"Tadi pagi sedikitnya sudah 20-an masyarakat terutama anak-anak sekolah yang terjatuh. Mohon perhatian serius dari pemerintah terkait," ujar Subahri (60) warga Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul.

BACA JUGA:Ditarget Beroperasi Pada Juni 2023, Begini Progres Jalan Tol Kapal Betung yang Ditinjau Gubernur Sumsel

Menurut Sulbahri, permasalahan angkutan batu bara yang mengotori jalan dalam menjalankan aktivitasnya sudah lama dikeluhkan oleh masyarakat dan pengguna jalan.

Soalnya, setiap mobil angkutan batu bara yang keluar masuk ke areal tambang terutama pada saat musim hujan sering membawa tanah lumpur hingga ke jalan nasional.

Akibatnya, jalanan menjadi kotor. Jika musim kemarau berdebu, dan jika musim hujan berlumpur serta licin.

Hal ini sering menyebabkan pengguna jalan terjatuh terutama anak-anak sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: