Tingkatkan Produksi dan Kualitas Pengrajin Gerondongan di PALI Sumsel

Tingkatkan Produksi dan Kualitas Pengrajin Gerondongan di PALI Sumsel

Salah satu pengrajin almunium yang ada di Kabupaten PALI kedepan akan dibina untuk meningkatkan produki dan kualitas. FOTO : HERU/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALI, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pengrajin kaleng aluminium atau yang kerap disebut pengrajin Gerondongan yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), akan disiapkan untuk lebih meningkatkan produktifitasnya dalam memproduk berbahan aluminium.

Sebanyak 20 pengrajin aluminium yang ada di Bumi Serepat Serasan dan telah terdata di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, akan menerima pelatihan lebih lanjut agar ya produksi lebih berkembang lagi. 

Baik dari kecepatan produksi maupun kualitas produk.

Saat ini pengrajin kaleng aluminium di Kabupaten PALI yang memang memiliki ciri khas tersendiri, direncanakan akan dikembangkan lebih modern oleh Dinas Koperasi dan UKM, melalui beberapa program pada 2023 ini.

BACA JUGA:88 Koperasi Dukung RL2 Muara Enim

BACA JUGA:3 Pelaku Pesta Sabu Bawa 2 Ton Minyak Oplosan, BPH Migas Sebut Sumsel Zona Merah Penyalahgunaan BBM

Hal ini diungkapkan langsung oleh Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, Raden Abdurrohman, bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan pengkajian untuk produksi rumahan berupa perabotan rumah tangga kaleng aluminium yang berasal dari Kabupaten PALI.

"Produksi kaleng aluminium atau gerondong asal kota Pendopo Kabupaten PALI memang memiliki ciri khas dan memang sangat banyak diminati hingga keluar provinsi bahkan sampai ke pulau Jawa. Tentunya kita memiliki kebanggaan tersendiri dari produk rumahan berbahan dasar aluminium ini," ungkap Raden, Senin 9 Januari 2023.

Meskipun saat ini masih diproduksi manual, namun produk aluminium asal Kabupaten PALI ini sudah memiliki wilayah pasar tersendiri. 

"Pembuatannya masih manual, tetapi kualitas produk tidak diragukan lagi. Mungkin hal ini menjadi alasan orang mencari dan produk kaleng aluminium asal kabupaten PALI ini," Ungkapnya.

BACA JUGA:Pesta Sabu, 3 Pria Pengangkut BBM Ilegal Dibekuk Polsek Plaju Polda Sumsel, Begini Pengakuan Pelaku

BACA JUGA:PGRI dan Disdikbud OKU Timur Sumsel Kirim Bantuan untuk Rehabilitasi Sekolah di Cianjur, Segini Jumlahnya!

Lebih lanjut, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan agar produk asli dari tangan pengrajin kreatif di Kabupaten PALI, agar dapat bersaing di kancah yang lebih tinggi lagi dan pemasarannya lebih berkembang lagi.

"Mungkin kedepan bisa kita tingkatkan produksi dengan mesin atau alat cetak moderen yang dapat menghasilkan produksi dalam waktu singkat, dan tanpa mengurangi kualitas produk. Tentunya jika kita sudah mampu memproduksi demikian, maka pasar kita akan lebih luas lagi," pungkas Raden. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: