10 Desa di Kecamatan Semende Bakal Terima Bonus Produksi Panas Bumi

10 Desa di Kecamatan Semende Bakal Terima Bonus Produksi Panas Bumi

Rapat membahas hasil laporan pemanfaatan dana bonus produksi panas bumi sesuai dengan Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 39 Tahun 2022. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Kabar gembira bagi 10 desa di Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim.

Pasalnya, dalam waktu dekat Pemkab Muara Enim akan membagikan dana bonus produksi panas bumi sesuai aturan dan mekanisme yang telah dibuat.

Hal tersebut diungkapkan Pj Sekda Muara Enim, H. Riswandar saat rapat membahas hasil laporan pemanfaatan dana bonus produksi panas bumi sesuai dengan Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 39 Tahun 2022.

Dan menyiapkan paparan mengenai pemanfaatan dana produksi panas bumi kepada Ditjen EBTKE, Kementerian ESDM, diruang rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Muara Enim, Selasa 20 September 2022.

BACA JUGA: PT Supreme Energy Raih Penghargaan API-INAGA

Menurut Riswandar Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 39 Tahun 2022 dan hasil musyawarah desa se-Kecamatan SDL.

Untuk besaran pagu dana bonus produksi panas bumi tahun anggaran 2021 total sebesar Rp3,2 miliar yang berasal dari bagi hasil tahun 2019, 2020, dan 2021.

Sesuai Pasal 4 Peraturan Bupati Muara Enim No 39 Tahun 2002 tentang cara pemberian dan pertanggungjawaban pemanfaatan bonus produksi panas bumi.

Pengalokasian 55 persen untuk belanja bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa.

BACA JUGA: BBM Naik, Dinas Perdagangan Sumsel Jamin Tak Pengaruhi Harga Sembako

Sedangkan 45 persen dialokasikan untuk belanja dalam program/kegiatan perangkat daerah.

Di mana untuk alokasi belanja keuangan kepada Pemerintah Desa adalah 55 persen dikali Rp3,2 miliar sehingga menjadi Rp1,7 miliar.

Dan untuk alokasi belanja keuangan dalam program kegiatan perangkat daerah adalah 45 persen dikali Rp3,2 miliar, total Rp1,4 miliar.

Atas dasar tersebut, maka besaran bantuan keuangan bonus produksi panas bumi kepada desa-desa di Kecamatan SDL Tahun 2022 dibagi untuk 10 desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: