Bupati Kurniawan Mitigasi Dampak Pengalihan Subsidi BBM ke Bansos

Bupati Kurniawan Mitigasi Dampak Pengalihan Subsidi BBM ke Bansos

Pemkab Muara Enim gelar FGD mitigasi dampak pengalihan subsidi BBM ke Bansos. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Dalam rangka mengurangi risiko dan dampak dari pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berimbas pada inflasi terhadap bahan pokok dan turunnya daya beli masyarakat.

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang juga dihadiri organisasi dan sejumlah tokoh masyarakat, di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda, Senin 5 September 2022.

Bupati Kurniawan berharap kepada seluruh pemangku kepentingan untuk turut serta bersama Pemerintah membantu menyosialisasikan kebijakan ini dengan baik.

Namun sebelumnya, Bupati  Kurniawan juga mengikuti rapat koordinasi (Rakor) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri dan sejumlah kementerian terkait secara virtual.

BACA JUGA: Soal Penyaluran BLT BBM, Dinas Sosial Sumsel Tunggu Petunjuk Teknis

Pada rakor itu dijelaskan penyaluran bantuan sosial (Bansos) tambahan kepada masyarakat yang nantinya akan disalurkan dalam bentuk bantuan sosial berupa BLT, bantuan pekerja, dan bantuan subsidi transportasi seperti angkutan umum, ojek sampai nelayan.

Dijelaskan pula, dalam penyesuaian anggaran subsidi BBM yang dilakukan Pemerintah ini, dilakukan dalam menyiapkan mitigasi beban tambahan pada APBN di tengah ketidakpastian geopolitik dan geoekonomi dunia.

Melalui FGD tersebut, Kurniawan menginstruksikan agar penyaluran bantuan sosial ini dapat tepat sasaran.

"Sehingga mampu menjaga daya beli masyarakat yang terdampak akibat lonjakan harga yang terjadi secara global," kata Kurniawan.

BACA JUGA: Kabar Gembira! Subsidi Gaji Rp600 Ribu Bakal Dilanjut, Ini Syaratnya

Di samping itu, Kurniawan juga berharap peran strategis organisasi dan tokoh masyarakat untuk turut serta dalam membantu Pemerintah menyosialisasikan dan memberikan penjelasan terhadap kebijakan tersebut dengan baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: