Gubernur Herman Deru: Pengangkatan Wakil Bupati Muara Enim Masih Tunggu Kemendagri

Gubernur Herman Deru: Pengangkatan Wakil Bupati Muara Enim Masih Tunggu Kemendagri

Gubernur Sumsel H. Herman Deru tunggu keputusan Kemendagri soal pengangkatan Wakil Bupati Muara Enim definitif. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyebut masih menunggu keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, soal pengangkatan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Muara Enim.

“Kita tunggu keputusan Mendagri sajalah,” kata Deru, saat dikonfirmasi di Pemprov Sumsel, Kamis 1 September 2022.

Dikatakan Deru, untuk usulan calon Wakil Bupati Muara Enim, sampai saat ini belum menerima laporan sehingga belum bisa memutuskan.

Saat kunjungan Inspektur Jenderal Kemendagri ke Pemprov Sumsel, pada Rabu 31 Agustus 2022 kemarin.

BACA JUGA: Pemilihan Wakil Bupati Muara Enim, DPRD Tunggu Usulan Bupati

Herman Deru sedang mengadakan rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumsel, di Griya Agung membahas kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kemarin (Rabu, 31 Agustus 2022) saat Irjen Kemendagri kesini (Pemprov Sumsel). Saya ada di Griya Agung,” beber Deru.

Sementara, pada kunjungan Irjen Kemendagri ke Pemprov Sumsel yang diwakili Sekda Provinsi Sumsel, SA Supriono, membahas mengenai pengangkatan Wakil Bupati Muara Enim sebagai Bupati definitif.

Kendati demikian, saat dikonfirmasi mengenai hasil rapat tersebut, baik Sekda Sumsel maupun Irjen Kemendagri belum mau membeberkan perihal tersebut.

BACA JUGA: Massa Minta Mendagri Batalkan Rencana Pilwabup Muara Enim

Di sisi lain, masyarakat Kabupaten Muara Enim beberapa kali mengadakan demo tentang pengangkatan Wakil Bupati Muara Enim menjadi Bupati definitif.

Ada masyarakat yang mendukung dengan adanya pengangkatan tersebut, namun ada juga yang menolak atas usulan DPRD Muara Enim untuk pengangkatan Wakil Bupati yang masa jabatannya kurang dari 18 bulan.

Sebagai informasi, saat ini Kabupaten Muara Enim dipimpin Kurniawan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim setelah resmi dilantik Gubernur Sumsel H. Herman Deru, di Griya Agung Palembang, pada 23 Juni 2022 lalu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co