Desa Bitis Ditetapkan Pilot Project Kampung Reforma Agraria

Desa Bitis Ditetapkan Pilot Project Kampung Reforma Agraria

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan bersama Kepala ATR/BPN Muara Enim usai menandatangani Berita Acara Kesepahaman dan Kesepakatan mengenai pelaksanaan Reforma Agraria Muara Enim Tahun 2022. Foto : HUMAS PEMKAB MUARA ENIM FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Pj Bupati Muara Enim Kurniawan, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 yang digelar di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (2/8/2022).

Selaku Ketua GTRA Kabupaten Muara Enim, Pj Bupati Kurniawan menyambut baik ditetapkannya Desa Bitis, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumsel sebagai pilot project Kampung Reforma Agraria dengan potensi perkebunan karet, budidaya jamur tiram, dan peternakan sapi.

BACA JUGA: Pemkab Muara Enim Dukung Program Reforma Agraria

Pada acara tersebut, juga dilaksanakan simbolisasi penandatangan Berita Acara Kesepahaman dan Kesepakatan mengenai pelaksanaan Reforma Agraria Muara Enim Tahun 2022.

Pj Bupati Kurniawan, mengatakan dengan ditetapkannya Desa Bitis sebagai pilot project, dapat menjadi etalase pelaksanaan reforma agraria skala kecil di Bumi Serasan Sekundang. Ke depan, tentunya dapat diikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Muara Enim.

Lebih lanjut, Kurniawan menuturkan berbagai upaya maupun kemajuan yang telah dilaksanakan oleh tim GTRA Kabupaten Muara Enim hingga 2022 ini.

BACA JUGA: Urus Sertifikat Tanah Gratis, Begini Cara dan Syaratnya

“Terutama melalui penataan aset yang disertai dengan penataan akses tanah demi mengatasi ketimpangan penguasaan dan kepemilikan tanah agar ditata dengan lebih berkeadilan,” kata Kurniawan.

Untuk itu, Kurniawan mengajak semua berperan aktif dalam kegiatan GTRA. Selain legalisasi aset maupun redistribusi tanah dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, dengan keterlibatan dan kolaborasi banyak pihak maka reforma aksesnya dapat berjalan dengan semestinya. (rel/and)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: