Jalan Tergenang Air, Pelajar di Semende Darat Tengah Kesulitan Melintas

Jalan Tergenang Air, Pelajar di Semende Darat Tengah Kesulitan Melintas

Tampak pelajar kesulitan saat akan melintasi ruas jalan yang tergenang air di Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT). Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Masyarakat mengeluhkan jalan berlubang yang mengakibatkan genang air sepanjang 8 meter dengan lebar sekitar 4 meter di Tebat Rumung, yang menghubungkan Desa Tanah Abang dan Batu Surau, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Pasalnya, jalan rusak tersebut sudah sekian lama belum diperbaiki. Tampak kondisi kerusakan ruas jalan semakin dalam dan melebar, sehingga menjadi genangan air dengan kedalaman mencapai 30 cm. Akibatnya, masyarakat maupun anak-anak yang hendak ke sekolah mengalami kesulitan untuk melintas.

Salah satu pengguna jalan, Novi (32) mengatakan kondisi ini sangat memprihatinkan karena setiap kali hujan turun pasti air akan menggenang yang mengakibatkan pengguna jalan sulit melintas.

BACA JUGA: Diguyur Hujan, Akses Jalan di Semende Darat Tengah Tertimbun Longsor

Dikatakannya, keadaan Ini sudah berlangsung lama hingga kini belum ada upaya perbaikan. Tentunya dengan pembiaran ini kondisi jalan semakin parah dan bertambah dalam.

“Selain mengganggu, tentunya hal ini sangat membahayakan. Bayangkan saja, anak-anak sekolah kesulitan melintas karena takut seragam dan sepatu mereka basah,” ungkapnya, Senin (18/7/2022).

Dijelaskannya lagi, jika sedang hujan deras genangan air tersebut bisa mencapai 30 meter menutupi ruas jalan. “Untuk yang paling dalam itu hanya 30 cm. Kalau sudah tertutup genangan air, kita tidak bisa melintasi jalan,” katanya.

BACA JUGA: Kecewa, Puluhan Masyarakat di Kecamatan SDU Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Senada dikatakan M Romi (24), warga Desa Aremantai, seingatnya keadaan jalan yang mengkhawatirkan ini sudah sekitar 2 tahun belakangan, dan hingga kini belum ada perhatian dari Pemerintah untuk melakukan perbaikan.

Persoalaan kondisi jalan tersebut sudah sering disampaikan. Meskipun ini satu-satunya jalan yang kerap dilalui pejabat daerah maupun anggota dewan dengan berbagai kepentingan. Namun kenyataannya, hal tersebut belum mampu membuat kehidupan masyarakat di desa menjadi layak.

“Salah satunya yaitu jalan ini baik untuk perniagaan, aktivitas sehari-hari. Ya inilah jalan satu-satunya menuju Semende Darat Ulu yang paling ujung. Pemerintah sudah selayaknya mengambil tindakan cepat,” harapnya. (ozi/mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: