Gubernur Herman Deru Optimis Atlet Renang Sumsel Cetak Prestasi di Kejurnas

Gubernur Herman Deru Optimis Atlet Renang Sumsel Cetak Prestasi di Kejurnas

Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama para atlet renang di sela pembukaan Kejurda Renang Gubernur Cup Sumsel. Foto : HUMAS PEMPROV SUMSEL FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG - Gubernur Sumsel  H. Herman Deru membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Renang Gubernur Cup, di Stadium Aquatic Jakabaring Sport City Palembang, Rabu (13/7/2022).

Kejurda Renang Gubernur Cup kali ini, diselenggarakan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Sumsel menjadi lokasi ajang uji coba sebelum mengikuti Kejuaraan Renang tingkat nasional (Kejurnas) yang akan berlangsung di Jakarta pada akhir Juli nanti.

Gubernur Herman Deru mengaku optimis para atlet renang asal Sumsel akan mencetak prestasi pada Kejurnas tersebut.

“Saya apresiasi PRSI atas diselenggarakannya Kejurda ini, dan teruslah mencari bibit unggul perenang handal dari daerah-daerah di Sumsel, tetap semangat dalam memberi pengarahan kepada para atlet maupun para pelatihnya,” ungkap Herman Deru.

BACA JUGA: Kejurprov Sumsel Cabor Catur: Muara Enim Bawa Pulang 4 Emas dan 4 Perunggu

Sebagai daerah yang dikelilingi banyak sungai, menurut Herman Deru, tidak sulit bagi pengurus PRSI dalam mendapatkan atlet. Tinggal bagimana niat baik dalam memberikan pelatihan renang yang benar, sehingga mampu menjadi perenang yang profesional.

“Seperti kita ketahui bahwa Sumatera Selatan ini terkenal sebagai wilayah bahari, wilayah perairan, di mana renang itu menjadi bagian dari kehidupan Sumsel, dan ini tentu wajib bagi kita untuk memelihara semangat juang bagi setiap perenang,” tuturnya.

Menurutnya, berlatih renang tidak harus di kolam renang kompetisi, tetapi juga bisa memanfaatkan kondisi alam sekitar dengan tetap mengedepankan keamanannya.

BACA JUGA: Juara Umum Fornas VI, Sumsel Kumpulkan 459 Medali

“Latihan renang dapat juga dengan memanfaatkan alam yang ada, kita jangan terpaku pada kolam kompetisi. Tetapi kita harus mengetahui keamanannya,” imbuh orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini.

Sementara itu, Ketua Harian PSRI Sumsel, Ahmad Al Azhar, menjelaskan Kejurda renang kali ini berlangsung selama tiga, 13-15 Juli 2022.

“Para pemenang nantinya akan diikutsertakan pada Kejurnas di Jakarta akhir Juli ini," katanya.

Ia memaparkan, yang terlibat dalam Kejurnas sebanyak 14 klub renang, berasal dari beberapa Kabupaten/Kota di Sumsel dengan jumlah atlet sebanyak 222 orang.

Kejuaraan tersebut mempertandingkan 140 nomor, terdiri dari kelompok usia senior atau 19 tahun ke atas. Selanjutnya kelompok usia 16 hingga 18 tahun, kelompok usia 14 hingga 15 tahun, kelompok usia 12 tahun-13 tahun, kelompok usia 10 dan 11 tahun, serta kelompok 4 tahun-9 tahun. (ril/pemprov sumsel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: