Timnas Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Timnas Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Timnas Indonesia ungguli Myamar 4-1 pada babak pertama Grup A AFF U-19 2022. Foto : PSSI--

ENIMEKSPRES.CO.ID, Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2022 meski menang menghadapi Myanmar dengan skor 5-1, pada laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga.

Sementara laga Vietnam vs Thailand berakhir dengan skor 1-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Madya, Jakarta.

Kedua tim sudah nyaman dengan skor ini dan berhak lolos ke semifinal Piala AFF U 2022. Ya, salah satu syarat untuk Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 harus berada di posisi kedua klasemen Grup A.

BACA JUGA: Juara Umum Fornas VI, Sumsel Kumpulkan 459 Medali

Laga melawan Myanmar sudah dimenangkan oleh Garuda Muda dengan skor 5-1. Sayang, hasil akhir pertemuan Vietnam vs Thailand berakhis 1-1 menggugurkan niat timas berlaga di semifinal.

Timnas Indonesia tidak bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 karena laga Thailand vs Vietnam berakhir imbang. Tentu ini fakta yang sulit diterima skuad besutan Shin Tae-yong. Kuncinya, Thailand dan Vietnam harus saling mengalahkan atau hasil pertemuan kedua tim berakhir 0-0.

Dengan skor imbang 1-1, 2-2, atau lebih sudah dipastikan Timnas Indonesia harus mengubur mimpin bisa berlaga di semifinal Piala AFF meski sebagai tuan rumah.

BACA JUGA: Kejurprov Sumsel Cabor Catur: Muara Enim Bawa Pulang 4 Emas dan 4 Perunggu

Keputusan ini merupakan aturan klasemen Piala AFF U-19 tahun 2022 yang tahun ini mengalami beberapa perubahan. Sebagai catatan, tim yang memiliki poin sama maka head to head akan diutamakan terlebih dahulu.

Sementara jika dalam poin head to head masih belum bisa, maka ditentukan pemenangnya, melalui penialaian berlanjut ke selisih gol. Pemenang Piala AFF U-19 2022 memiliki sistem yang sama seperti kualifikasi Piala Asia 2023.

Hasil melawan Myanmar ini merupakan prestasi, buah dari kerja keras dan kegigihan Garuda Nusantara. Sayang, Timnas Indonesia U-19 harus mengubur dalam-dalam harapan masyarakat Indonesia setelah sistem atau aturan yang berlaku pada tahun ini. (disway.id/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id