ASN Muara Enim Asah Kemampuan Public Speaking

ASN Muara Enim Asah Kemampuan Public Speaking

Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengasah keterampilan public speaking. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim, mengasah keterampilan public speaking yang diselenggarakan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Muara Enim.

Acara yang berlangsung di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Rabu (6/7/2022) tersebut, dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Ir. Maryana.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Muara Enim.

“Di era informasi publik saat ini, kesempatan untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat di muka umum sangat terbuka lebar, setiap orang dapat berbicara di muka umum, namun belum tentu semua orang mampu berbicara dengan cara yang tepat, di waktu yang tepat, dan pada orang yang tepat. Berbicara tidak sekedar mengeluarkan kata-kata, uneg-uneg perasaan,” ungkap Maryana.

Maryana mengatakan, public speaking sendiri merupakan proses berbicara kepada masyarakat atau suatu organisasi yang tersusun atau terstruktur dengan baik.

BACA JUGA: Pelayanan Berbasis IT Diterapkan di Desa

Public speaking, juga merupakan suatu bentuk komunikasi publik guna menyampaikan pesan atau informasi dalam berbagai bentuk, seperti suara, tulisan, lisan, simbol-simbol, dan sebagainya.

Faktor utama dalam public speaking sangat diperlukan adalah bahasa. Bahasa yang disusun dalam penyampaian pesan kepada masyarakat yang logis dan jelas sehingga tidak menimbulkan persepsi yang berbeda.

“Oleh sebab itu, kita semua menyadari bahwa public speaking menjadi salah satu kompetensi yang sangat penting dan harus dikuasai oleh semua aparatur pemerintahan," katanya.

"Salah satu cara adalah melalui kegiatan pembinaan public speaking seperti ini, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana cara kita untuk menyampaikan suatu hal dengan baik kepada orang lain,” lanjut Maryana.

Dirinya berharap, dengan menguasai public speaking para peserta dapat meningkatkan potensi diri sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan terbaik bagi Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera. (ozi/mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: