Dirut BRI Finance Ajak Gen-Z Fokus Pada Perencanaan Keuangan di Tengah Maraknya Pinjaman Online

Rabu 23-10-2024,16:02 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

Hasil riset yang dilakukan oleh Inventure pada September 2024 menunjukkan bahwa 34% Gen Z pernah mencoba layanan pinjol untuk membeli gadget, berbelanja, serta liburan.

BACA JUGA:BRI Kanca Muara Enim Gelar Panen Hadiah Simpedes Semester I Tahun 2020

BACA JUGA:Undian PHS BRI Kantor Cabang Muara Enim Digelar Sederhana

Namun, dari kelompok tersebut, 19% mengalami masalah dengan kredit macet.

Beberapa di antara mereka bahkan memilih untuk menggunakan pinjol lain untuk menutupi utang sebelumnya dengan skema 'gali lubang, tutup lubang'.

Ketidakpastian dan tantangan yang dihadapi oleh generasi muda ini menjadi latar belakang penting bagi Wahyudi Darmawan untuk memberikan penjelasan mengenai pentingnya perencanaan keuangan di kalangan Gen Z.

Dalam paparannya, ia menekankan keuntungan yang bisa diraih melalui pengelolaan keuangan yang baik, termasuk mencapai kebebasan finansial yang diinginkan.

BACA JUGA:BRI Kanca Muara Enim Serahkan Hadiah Mobil Undian Simpedes

BACA JUGA:BRI Muara Enim Sukses Bedah 2 Rumah Tidak Layak Huni

“Penting bagi generasi muda untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini. Dengan pengelolaan yang bijaksana, mereka tidak hanya terhindar dari jeratan utang, tetapi juga dapat membangun masa depan dan mencapai kebebasan finansial,” lanjut Direktur Utama BRI Finance ini.

Dalam diskusi ini juga membahas potensi bisnis di tengah perubahan ekonomi, dengan mempertimbangkan pergeseran perilaku konsumen yang semakin dipengaruhi oleh teknologi.

Perubahan ini menciptakan berbagai tantangan baru, namun juga membuka banyak peluang bagi pengusaha untuk berinovasi dan beradaptasi.

Beberapa pembicara juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara sektor publik dan swasta untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:Kerja Sama Semen Merah Putih, Dulux dan BJKW-3 Tingkatkan Kualitas Bangunan Dukung Konstruksi Berkelanjutan

BACA JUGA:BCA Digital Pacu Pertumbuhan dengan Menghadirkan Layanan Valas dan Inovasi Teknologi Melalui bluValas

Dengan tema dan agenda yang berfokus pada kondisi kelas menengah, konferensi ini tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya strategi dalam mengelola bisnis dan finansial di era digital.

Kategori :