Motivasi belajar siswa meningkat karena mereka merasa lebih memiliki tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.
Dan orang tua merasa lebih dilibatkan dalam pendidikan anak mereka.
BACA JUGA:Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0
BACA JUGA:Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Keterampilan Mendengarkan
Evaluasi yang bermakna dan berkualitas dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran.
Manfaat bagi siswa adalah siswa dapat lebih merasa percaya diri, termotivasi, dan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang materi pelajaran.
Manfaat bagi guru adalah guru bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang perkembangan siswa dan dapat menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan mereka.
Sedangkan manfaat bagi orang tua adalah orang tua dapat memahami lebih baik tentang perkembangan anak mereka dan dapat memberikan dukungan yang tepat.
BACA JUGA:Kunci Memulai Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Yaitu Melalui Fonik
BACA JUGA:Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini
Serta kolaborasi ini dapat memperkuat hubungan antara ketiga pihak yaitu siswa, guru, dan orang tua.
Meskipun kolaborasi dalam evaluasi memiliki banyak manfaat, namun tidak terlepas dari tantangan.
Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan waktu bagi guru.
Untuk mengatasi hal ini, sekolah dapat menyediakan waktu khusus untuk guru berkumpul dan mendiskusikan strategi evaluasi.
BACA JUGA:Faktor yang Mempengaruhi Sulitnya Normalisasi Pendidikan Bahasa Inggris di Pedesaan
BACA JUGA:Pengaruh Positif Interaksi Anak Usia Dini dengan Teknologi Terhadap Perkembangan Kognitif