Mengapa Tokopedia Terus Berkembang? Ini Rahasianya

Jumat 01-09-2023,12:27 WIB
Reporter : Sigit Eko R
Editor : Melina

ENIMEKSPRES.CO.ID – Usaha menjadi berkembang salah satunya berkat loyalitas pelanggan

Oleh sebab itu, para pengusaha, khususnya UMKM jangan sekali-kali mengabaikan begitu saja soal keluahan yang disampaikan pelanggan kepada pemiliki usaha. 

Mengapa, justru masukan dan keluhan mereka sangat bermanfaat bagi kemajuan usaha ke depan. 

Hal ini disampaikan oleh Senior Vice President Sales, Operations, And Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe, saat Media Briefing menyambut Hari Pelanggan Nasional 2023 di Tokopedia Care, Balai Kota Sleman DIY, Kamis 31 Agustus 2023.

BACA JUGA:Rumah BUMN Gelar Pelatihan Bantu UMKM Survive

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Libatkan Stakeholder Dorong UMKM Lokal Naik Kelas Hingga Pasar Nasional

"Masukan pelanggan itu kita anggap sebagai investasi. Karena dari mereka kita melakukan perbaikan. Sehingga tidak muncul lagi keluhan yang sama di kemudian hari," ungkap Rudy.

Sebab, kata Rudy, karena pentingnya masukan pelanggan, maka Tokopedia mengelolanya dengan baik. 

Tanggapan terhadap masukan pelanggan sangat penting, untuk memajukan usaha.

Menurut Rudy, di era ekonomi sekarang ini, konsumen ingin ada nilai lebih, tidak hanya sekedar menginginkan barang atau jasa. 

BACA JUGA:Batik Warga Binaan Lapas Muara Enim Sumsel Berpeluang Bangkitkan UMKM Daerah

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Dorong Generasi Milenial Berinovasi Majukan Sektor UMKM, Begini Pesannya

Keinginan konsumen juga harus didengar, masukan, bahkan kritik sekalipun mengenai produk yang dia beli. 

Hal itu menjadi pengalaman yang mengesankan bagi konsumen. 

Dan bagi pengusaha, ini akan memaksimalkan nilai tambah pada pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi hal yang sangat penting.

Kategori :