Apa Itu ESS (Employee Self Service), Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya?

Selasa 30-08-2022,16:20 WIB
Editor : Redaksi Enim Ekspres

Berikut beberapa contoh dari penerapan ESS untuk di kantor:

1. Penggunaan aplikasi absensi online

Penggunaan aplikasi absensi online adalah bentuk penerapan dari ESS karena di sini karyawan bisa mengakses sendiri absensi mereka setiap harinya menggunakan perangkat yang mereka miliki.

Adanya aplikasi absensi online, data yang diinput karyawan setiap berangkat dan pulang kerja bisa otomatis masuk dalam sistem absen karyawan HRD. Data absen setiap harinya ini juga akan tersimpan dalam sistem jadi karyawan bisa mengetahui bagaimana tracking absennya selama ini.

Bentuk employee self service di absensi online ini, mereka bisa melakukan input data menggunakan perangkat mereka sendiri, misalnya smartphone jadi absensi bisa dilakukan secara mandiri. Melakukan absensi secara mandiri ini memberikan karyawan maupun perusahaan tempat kerja kemudahan.

Dari pihak perusahan mereka tidak perlu menyediakan perangkat untuk absen lagi, pendataan absen karyawan juga lebih mudah karena sudah tersistem dengan baik.

Dari segi karyawan, absensi online secara mandiri lebih mudah dan cepat tentunya mereka bisa melihat track absensi dengan mudah. Sehingga absensi online memberikan keuntungan untuk kedua pihak.

2. Akses informasi karyawan

Penerapan ESS di kantor lainnya adalah karyawan bisa menginput data mereka secara mandiri menggunakan perangkat yang mereka miliki. Data administrasi ini contohnya data diri, pendidikan, keuangan, maupun data administrasi lainya.

Mengisi data diri secara mandiri memiliki kelebihan untuk meminimalkan kesalahan, baik informasi maupun penulisan karena mereka mengetahui dengan baik bagaimana data yang benar. Pun manfaat juga bisa dirasakan oleh bagian administrasi dimana mereka tidak perlu menginput data karyawan satu persatu, karena data sudah diinput karyawan masing-masing.

Manfaat Penerapan ESS (Aplikasi Employee Self Service)

Pada umumnya, ESS bermanfaat untuk efisiensi dan peningkatan produktivitas. Semua aktivitas berbasis ESS bisa dilakukan secara real-time 24 jam setiap harinya dan bisa dilakukan dimanapun.

Manfaat ini tidak hanya dirasakan perusahaan, tetapi juga oleh masing-masing karyawan.

Berikut beberapa manfaat penerapan ESS di perusahaan:

1. Data Lebih Akurat

Beberapa data pribadi karyawan mungkin tidak mengalami perubahaan dalam waktu dekat, tapi ada juga data-data yang berubah tidak terjadwal seperti email atau nomor kontak telepon.

Kategori :