Pj Gubernur Sumsel Hadiri Serah Terima BMN Kementerian PUPR

Pj Gubernur Sumsel Hadiri Serah Terima BMN Kementerian PUPR

Gubernur Sumsel Elen Setiadi, menghadiri serah terima Barang Milik Negara (BMN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun 2024. Foto : Humas Pemprov Sumsel--

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, menghadiri serah terima Barang Milik Negara (BMN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun 2024.

Selain itu, juga alih status penggunaan BMN, bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada Pemerintah Daerah (Pemda), Yayasan, dan Perguruan Tinggi, Kementerian/Lembaga (K/L), bertempat di Auditorium Kementerian PUPR Jakarta, Kamis 10 Oktober 2024.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, serah terima BMN merupakan bentuk akuntabilitas atas anggaran yang diberikan untuk dibelanjakan dalam pembangunan infrastruktur.

"Tugas Kementerian PUPR membelanjakan uang negara untuk pembangunan infrastruktur, tidak ada yang lain. Jadi anggaran yang diberikan harus dibelanjakan dengan baik," kata Menteri Basuki.

BACA JUGA:Pastikan Infrastruktur IKN Berkualitas, PUPR Tingkatkatkan SDM Konstruksi Nasional Lewat Sertifikasi Onsite

BACA JUGA:Wujudkan Kemudahan Investasi di Muara Enim, Dinas PUPR Gelar Pelatihan Bagi ASN

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengapresiasi Kementerian PUPR yang selama ini senantiasa bekerjasama dengan baik dan transparan dalam penggunaan anggaran sehingga menimbulkan kepercayaan publik.

"Terima kasih selama ini Kementerian PUPR yang paling cukup dalam hal ini agresif dan sangat transparan untuk menjelaskan ke masyarakat apa-apa yang dibangun menggunakan anggaran di dalam APBN itu menimbulkan confidence dan kepercayaan publik yang akan membantu untuk menjaga Indonesia ke depan. Terima kasih atas kerja kerasnya," ujar Sri Mulyani.

Menkeu menitipkan pesan kepada para penerima BMN agar dapat menggunakan aset tersebut sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat serta bisa menjaga, memelihara, dan melakukan perawatan.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah dalam laporannya mengatakan, Kementerian PUPR pada tahun 2024 kembali melaksanakan serah terima BMN dengan total nilai perolehan sebesar Rp19,26 triliun.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Identifikasi Penyebab Ambruknya Elektrik Girder Launcher Fly Over Bantaian

BACA JUGA:Sekda Sumsel Tutup Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Rinciannya, BMN senilai Rp5,8 triliun dialihstatuskan kepada Kementerian/Lembaga dan Rp13,36 triliun diserahkan kepada pemerintah daerah, perguruan tinggi, hingga desa-desa.

"10 tahun terakhir kami Kementerian PUPR telah melakukan serah terima BMN mencapai Rp 374,66 triliun," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: