Dukung Keberhasilan Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai, PT Bukit Asam Ikut Menandatangani Piagam Menoreh

Dukung Keberhasilan Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai, PT Bukit Asam Ikut Menandatangani Piagam Menoreh

PT Bukit Asam (PTBA) turut menandatangani Piagam Menoreh "Collaboration for Sustainability" di Desa Ngadi Rejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis 19 September 2024. Foto : Humas PT Bukit Asam--

Disebutnya, Festival Collaboration for Sustainability di kawasan Menoreh menjadi salah satu bentuk pembelajaran untuk meningkatkan exposure betapa pentingnya kolaborasi multipihak dengan memaksimalkan keterlibatan para pihak untuk keberlanjutan reklamasi hutan dan rehabilitasi DAS.

Selain itu, PT Bukit Asam juga turut menandatangani Komitmen Multi Pihak "Collaboration for Sustainability".

BACA JUGA:PT Bukit Asam Dorong Transformasi Desa Seleman Lewat Budidaya Burung Puyuh

BACA JUGA:Tingkatkan Keterampilan Masyarakat, PT Bukit Asam Gelar Pelatihan Operator dan Mekanik

Komitmen ini untuk melaksanakan kolaborasi meningkatkan pemberdayaan masyarakat demi keberlanjutan pemanfaatan dan pengelolaan hasil reklamasi hutan dan rehabilitasi DAS pasca serah terima kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kawasan Bukit Menoreh.

Kolaborasi multi pihak akan memberikan pelatihan budidaya tanaman agroforestry, pelatihan penanganan pasca panen, bimbingan teknis pengelolaan agrowisata tanaman buah.

Pelatihan peningkatan mutu hasil panen, penguatan kelembagaan KTH, pelatihan manajemen keuangan, pelatihan pengolahan produk turunan, pelatihan digital marketing, dan pemasaran hasil sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Komitmen tersebut ditandatangani oleh 5 perusahaan pertambangan dan energi, termasuk PT Bukit Asam, serta perwakilan dari KTH Gotong Royong, KTH Murakabi II, KTH Sumber Sari, KTH Gapoktanhut Banjarsari, KTH Bogasari, Yayasan Alpukat/Durian Nusantara, Pusat Buah dan Bibit Alpukat, PT Jaya Senang Selalu.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Bantu Anak Putus Sekolah Melalui Pendidikan Kesetaraan

BACA JUGA:Konsisten Berdayakan Masyarakat, PT Bukit Asam Raih Bina Mitra UMKM Award

Dari KLHK, Dyah Murtiningsih, Direktur Jenderal Pengelolaan DAS & Rehabilitasi Hutan KLHK, menandatangani sebagai pihak yang mengetahui.

"Kolaborasi multipihak ini adalah wujud komitmen PT Bukit Asam untuk pembangunan yang berkelanjutan dalam mengawal masa transisi setelah proses penananaman," kata Amarudin, VP Pengelolaan Lingkungan dan Penunjang Tambang PT Bukit Asam.

"Dilanjutkan dengan penguatan kapabilitas masyarakat dalam pengolahan pasca panen hingga pemasaran produk terutama pasar digital, sehingga masyarakat lebih siap menghadapi tantangan ke depan," sambungnya.

Pada kesempatan ini, Amarudin juga secara simbolis menyerahkan bantuan kepada 19 gabungan kelompok tani.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Sabet Penghargaan Outstanding Community Development Campaign

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: