Pj Gubernur Sumsel Sebut Gerakan Pramuka Garda Terdepan Membangun Bangsa

Pj Gubernur Sumsel Sebut Gerakan Pramuka Garda Terdepan Membangun Bangsa

Peringatan Hari Pramuka ke-63 tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024. Foto : Humas Pemprov Sumsel--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi menyebut bahwa Gerakan Pramuka adalah garda terdepan dalam membangun Bangsa.

Hal ini disampaikan Elen yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel saat menjadi Inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Pramuka ke-63 tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024.

Upacara ini dipusatkan di halaman rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, pada Senin 19 Agustus 2024.

Elen mengatakan, peran dan komitmen Gerakan Pramuka sebagai organisasi bertujuan untuk membentuk setiap anggota Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik.

BACA JUGA:110 Regu Gerak Jalan Semarakkan HUT Pramuka dan Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Muara Enim

BACA JUGA:Wow, Anggota Pramuka Muara Enim Mengikuti Rangkaian Kegiatan Tri Lomba di HUT Baden Powell ke-167

Keuangan taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tak kalah penting, juga mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Gerakan Pramuka disebutnya merupakan garda terdepan untuk mengajak segenap elemen bangsa, memperkokoh pilar-pilar pembangunan dan mencontohkan nilai-nilai Pancasila yang tertanam dalam diri menjelma menjadi kebiasaan dalam keseharian.

“Sebagai organisasi pendidikan nonformal, Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekedar menangani character building, tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat, pemeliharaan lingkungan hidup, sosialisasi hemat energi," katanya.

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu, Arti Jurit Malam saat Perkemahan Pramuka, ini Penjelasannya

BACA JUGA:6 Manfaat yang Membentuk Kepribadian Diri Anak dalam Kegiatan Pramuka, Nomor 6 Sangat Dibutuhkan Anak

"Juga adaptasi teknologi, turut andil dalam mewujudkan ketahanan pangan, mengembangkan program kewirausahaan dalam rangka berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional, dan Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan pada masa yang akan datang,” lanjut dia.

Elen berharap, ke depan kegiatan Kepramukaan di Provinsi Sumsel terus ditingkatkan dengan pola kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: