PT Bukit Asam Upayakan Kesejahteraan Masyarakat

PT Bukit Asam Upayakan Kesejahteraan Masyarakat

PT Bukit Asam (PTBA) terus mengupayakan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - PT Bukit Asam Tbk mengupayakan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu upayanya yakni dengan komitmen untuk terus berkontribusi secara aktif dalam pembangunan ekonomi.

Hal tersebut sejalan dengan Noble Purpose (Tujuan Mulia) PT Bukit Asam sebagai anggota Grup MIND ID.

Yaitu pertambangan untuk membangun peradaban, menciptakan kesejahteraan, dan masa depan yang lebih baik.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Berangkatkan 22 Penerima Beasiswa Bidiksiba ke 3 Perguruan Tinggi

Demikian disampaikan VP Sustainability PT Bukit Asam, Hartono, dalam seminar bertajuk Kontribusi Pertambangan Batu Bara untuk Membangun Sumatera Selatan (Sumsel) yang digelar Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA) di Palembang, beberapa waktu lalu.

"Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kami telah mengembangkan 8 bidang pengembangan pemberdayaan masyarakat (PPM)," katanya.

Ke-8 bidang itu mencakup pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil, kemandirian ekonomi, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup, pembentukan kelembagaan komunitas masyarakat, dan pembangunan infrastruktur penunjang.

Diulas Hartono, pada sektor pendidikan, PT Bukit Asam menjalankan berbagai program seperti Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba), beasiswa Ayo Sekolah, Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika (Gernas Tastaka), dan Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Membaca (Gernas Tastaba).

BACA JUGA:Masalah Lahan Antara Warga dengan PT Bukit Asam dan PT BSP, Pj Bupati Muara Enim Bentuk Tim Khusus

Di mana sejak 2013 hingga 2023, sebanyak 345 putra-putri daerah dari keluarga prasejahtera di sekitar wilayah operasi Perusahaan mendapatkan beasiswa Bidiksiba sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Sementara program Ayo Sekolah, sepanjang 2023 telah memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 1.040 siswa SD, 969 siswa SMP, dan 1.002 siswa SMA di sekitar wilayah operasi PT Bukit Asam.

Sehingga total penerima manfaat pada 2023 mencapai 3.011 siswa.

Di sektor kesehatan, PT Bukit Asam menyelenggarakan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk memberikan nutrisi tambahan berupa susu setiap bulan bagi ibu dan anak dari keluarga prasejahtera di wilayah Ring 1 perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: