Pj Bupati Muara Enim Targetkan Inflasi Turun Hingga 2 Persen

Pj Bupati Muara Enim Targetkan Inflasi Turun Hingga 2 Persen

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali memaparkan program pengendalian inflasi Pemkab Muara Enim di hadapan Pj Gubernur Sumsel A Fatoni. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID -  Setelah berhasil menurunkan angka inflasi daerah dari 6,31 persen pada Januari 2024 menjadi 3,18 persen di bulan Mei 2024.

Pj Bupati Muara Enim H. Ahmad Rizali menargetkan penurunan angka inflasi Kabupaten Muara Enim untuk bulan berikutnya dikisaran 2 persen.

Keterangan tersebut disampaikan Rizali saat memaparkan program pengendalian inflasi Pemkab Muara Enim di hadapan Pj Gubernur Sumsel A Fatoni.

Paparan itu disampaikan dalam Rapat Tingkat Tinggi (High Level Meeting) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Sumsel, di Ballroom Hotel Whyndham, Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

BACA JUGA:Pemprov-BI Perwakilan Sumsel Kolaborasi Libatkan Pelajar Kendalikan Inflasi dengan Masifkan Program GSMP

Dalam paparannya itu, Pj Bupati Muara Enim yang hadir didampingi Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Ahmad Yani Heriyanto serta Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Syarfudin.

Menyampaikan 8 langkah konkret yang dilakukan Pemkab Muara Enim dalam pengendalian inflasi.

"Di antaranya mengoptimalkan peran TPID dalam melakukan pemantauan dan monitoring tingkat inflasi atas kebutuhan pokok masyarakat," ujar Rizali.

Kemudian melaksanakan Operasi Pasar Murah (OPM) dan kegiatan subsidi harga bahan pangan di pasar, hingga dukungan transportasi dari APBD.

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pemkab Muara Enim Lagi-lagi Gelar Operasi Pasar Murah

"Selain itu juga mengintensifkan pengawasan rutin terhadap ketersediaan maupun harga bahan pokok dengan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar," terangnya.

Lebih lanjut, menindaklanjuti arahan Pj Gubernur terkait ketersedian kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Adha 1445 H, sekaligus upaya mengantisipasi dampak kekeringan musim kemarau yang diakibatkan fenomena alam La Nina.

Rizali mengambil langkah proaktif melalui beberapa kebijakan.

BACA JUGA:Cegah Inflasi Pasca Lebaran, Pemkab Muara Enim Beri Subsidi Harga Bawang Merah dan Ikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: