Kabupaten Muara Enim Miliki Sekolah Lansia Pertama, di Sini Lokasinya

Kabupaten Muara Enim Miliki Sekolah Lansia Pertama, di Sini Lokasinya

Peresmian Sekolah Lansia yang berlokasi di Desa Penyandingan, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim, Sumsel. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Kabupaten Muara Enim saat ini telah memiliki Sekolah Lanjut Usia (Sekolah Lansia) pertama.

Sekolah Lansia tersebut berlokasi di Desa Penyandingan, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Sekolah ini telah diresmikan oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Nopian Andusti, Kamis 6 Juni 2024.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Yulius.

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Dukung Program Sekolah Lansia

Adapun Sekolah Lansia bertujuan untuk mewujudkan lansia yang tangguh, mandiri, sehat dan produktif.

Bahkan sekolah tersebut dipersiapkan untuk menjadi percontohan di tingkat provinsi hingga nasional.

Sekda Muara Enim, Yulius didampingi Kepala DPPKB Kabupaten Muara Enim, Rinaldo, menegaskan Pemkab Muara Enim komitmen terhadap pemberdayaan lansia.

Ini dibuktikan dengan telah dimilikinya sebanyak 197 Kelompok Bina Keluarga Lansia dari 255 Desa/Kelurahan di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Hadiri Peringatan HLUN 2024, Pj Gubernur Beri Perhatian Khusus kepada Lansia di Sumsel

"Diharapkan kehadiran program Sekolah Lansia ini semakin memperkuat program pemberdayaan lansia di Kabupaten Muara Enim, karena akan menjadi salah satu wadah dalam membentuk Lansia Tangguh dan Mandiri," ungkap Sekda.

Lebih lanjut, Sekda mengungkapkan bahwa Pemkab Muara Enim menargetkan akan membentuk 2 Sekolah Lansia pada Tahun 2024 sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kualitas hidup lansia.

Sementara itu, Deputi Bidang KSPK BKKBN RI, Nopian Andusti, berharap kehadiran Sekolah Lansia di Kabupaten Muara Enim terus berkembang.

Dirinya siap mendorong agar jadi percontohan Sekolah Lansia di Provinsi Sumsel hingga nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: