Bincang Dekranas: UMKM Wajib Lihat Peluang Digitalisasi Usaha

Bincang Dekranas: UMKM Wajib Lihat Peluang Digitalisasi Usaha

Acara Bincang Dekranas 10 dalam rangka HUT Dekranas ke-44 Tahun bertempat di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, pada Jumat 25 Mei 2024 petang. Foto : DOK--

SOLO, ENIMEKSPRES.CO.ID - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan usahanya, wajib melihat peluang digitalisasi.

Isu ini dibahas dalam acara Bincang Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 10 dalam rangka HUT Dekranas ke-44 Tahun bertempat di Pamedan Pura Mangkunegaran, pada Jumat 25 Mei 2024 petang.

Dalam Bincang Dekranas kali ini mengangkat tema ‘Best Practice Peningkatan Digitalisasi Usaha’.

Diketahui, pesatnya perkembangan teknologi dan akses internet, banyak mengubah gaya hidup manusia, tak terkecuali dalam mengonsumsi produk.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Apresiasi Provinsi Sumsel Jadi Juara Umum Kendaraan Hias Dekranas

Berbagai opsi produk, kini sangat mudah ditemukan lewat media sosial (medsos).

Maka dari itu, fenomena ini wajib dilihat oleh pelaku UMKM khususnya perajin untuk mengemas medsos yang dimiliki agar efektif meraup konsumen.

Pendiri Social Bread sekaligus content creator, Edho Zell, salah satu narasumber dalam acara ini mengatakan, banyak pelaku UMKM yang sudah sadar pentingnya medsos sebagai wadah promosi.

Akan tetapi, sayangnya belum mampu menggunakan medsosnya secara maksimal.

BACA JUGA:Kendaraan Hias Provinsi Sumsel Keluar Sebagai Juara Umum Pada Peringatan HUT Dekranas ke-44 Tahun di Solo

Kebanyakan para pelaku UMKM tidak memiliki waktu untuk mengemas medsos karena sibuk dengan proses produksi.

Kata Edho, hal itu justru merugikan pelaku UMKM.

Menurutnya, berdasarkan riset yang dilakukan sejumlah lembaga, 72 persen keputusan konsumen dipengaruhi dari sosial media. 

“Jadi kalau dulu kita pakai bedak atau hair spray merek tertentu, karena orang tua kita yang pakai. Sekarang, pasti karena sosial media," kata Edho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: