Pj Gubernur Sumsel Tandatangani NPHD Pengamanan Pilkada 2024 kepada TNI-Polri

Pj Gubernur Sumsel Tandatangani NPHD Pengamanan Pilkada 2024 kepada TNI-Polri

Prosesi penandatanganan NPHD untuk Provinsi antara Pj Gubernur Agus Fatoni dengan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika dan Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo. Foto : DOK--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pengamanan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Baik itu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota se-Sumsel tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Griya Agung, Palembang, Sumsel.

"Kegiatan ini menunjukkan komitmen kita bersama, kekompakan seluruh Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota dan kekompakan KPU, Bawaslu dan seluruh instansi vertikal dan stakeholder yang ada di Sumsel," jelas Fatoni.

BACA JUGA:FKUB Bersama Polres Lubuklinggau Gelar Deklarasi Pilkada Damai, Turut Diisi Lomba Panah Tradisional

Menurut Fatoni, komitmen bersama seperti ini sangatlah penting dalam menyukseskan jalannya Pilkada serentak di Provinsi Sumsel.

Kesuksesan tersebut juga pernah dibuktikan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Februari 2024 lalu.

"Alhamdulillah, semua agenda demokrasi Pilpres dan Pileg sudah berjalan dengan baik dan lancar di Sumsel, ini semua berkat kerja sama, berkat kekompakan dan juga komitmen kita bersama-sama," beber Fatoni.

Terkait pembiayaan pelaksanaan Pilkada berasal dari APBD daerah masing-masing.

BACA JUGA:Pilkada Muara Enim 2024, Berikut Tahapan dan Jadwalnya

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota perlu memberikan hibah kepada pihak penyelenggara, mulai dari KPU, Bawaslu serta TNI-Polri sebagai pihak yang diberi tugas mengamankan jalannya pesta demokrasi.

"Hari ini kita akan melaksanakan hibah kepada TNI dan Polri. Sementara hibah kepada KPU dan Bawaslu NPHD-nya sudah kita laksanakan pada akhir tahun lalu," beber dia.

"Alhamdulillah, bisa dilaksanakan serentak dan itu penandatanganan serentak pertama di Indonesia," jelas Fatoni.

Sebagaimana diketahui, besar anggaran pengamanan Pilkada Tahun 2024 di Sumsel untuk TNI sebesar Rp20 miliar dan Polri sebesar Rp51,345 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: