Muslim Wajib Tahu, Ini 8 Adab Saat Bepergian yang Jarang Diketahui

Muslim Wajib Tahu, Ini 8 Adab Saat Bepergian yang Jarang Diketahui

Ilustrasi adab bepergian. FOTO : IST--

BACA JUGA:Uu Ruzhanul Ajak ICMI Bangun Peradaban Jabar

3. Saat bepergian sebaiknya ditemani dalam kata lain jangan sendirian

Pada saat bepergian sebaiknya ditemani apalagi jika bepergian jauh, seperti hadist riwayat Bukhari yang artinya Dari ibnu umar, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda jika semua orang mengetahui kesendirian dalam bepergian sebagaimana yang aku ketahui, maka tidak akan ada satu orang penunggang pada malam hari seorang diri.

4. Mintalah nasihat dari orang baik

Sebenarnya dalam hal bepergian jauh, ada baiknya jika kita meminta nasihat orang baik, karena kadang nasihat mereka sangatlah berguna untuk diri kita.

Sebagaimana seperti hadist riwayat tirmidzi dan ibnu majah yang artinya : Abu hurairah meriwayatkan seseorang berucap, wahai rasulullah SAW sesungguhnya aku hendak bepergian makan berilah aku nasihat, maka beliau berkata : bertakwalah kepada allah dan bertakbirlah di setiap tanjakan (dataran tinggi), dan setika orang tersebut telah pergi, rasulullah SAW berdoa, ya allah dekatkanlah dan mudahkanlah perjalanannya.

BACA JUGA:Di Hadapan Kapolda Sumsel, Pj Bupati Muara Enim Sebut Siap Dukung Suksesnya Pelaksanaan Mudik 2024

5. Sebelum meninggalkan rumah berdoalah terlebih dahulu

Saat keluar rumah memang kita harusmembaca doa terlebih dahulu karena doa keluar rumah dapat melindungi kita dari marabahaya diluar saja.

Doa keluar rumah :

bahasa latinnya : Bismillaahi tawakkaltu 'alallaah wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahi Allahumma innii a'uudzu bika an adhilla aw adhilla aw azilla aw azilla. 

Dan artinya adalah dengan nama Allah SWT aku bertawakal kepada allah, tidak ada daya upaya ataupun kekuatan selain dengan allah, ya allah aku berlindung kepadamu dari menjadi sesat atau disesatkan, atau tergelincir atau digelincirkan atau menjadi bodoh atau dibodohi. 

BACA JUGA:Pengamanan Arus Mudik Idul Fitri, Polres Muara Enim Dirikan 5 Pos Mudik dan Siapkan Videotron

6. Bacalah doa saat berkendara

Dalam hadist riwayat muslim, diriwayatkan ibnu umar, apabila Rasul SAW di atas punggung untanya untuk bepergian, beliau betakbir sebanyak 3 kali, kemudian mengucapkan doa :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: