Perlu untuk Diketahui! Ini Perbedaan Jenis Ular yang Berbisa dan Tidak Berbisa

Perlu untuk Diketahui! Ini Perbedaan Jenis Ular yang Berbisa dan Tidak Berbisa

Cara membedakan ular berbisa dan tidak berbisa. FOTO : IST--

1. Hematotoksik, dimana jika kita tergigit ular yang berbisa, bisanya yang bersifat racun bagi darah, sehingga dapat menyebabkan pendarahan di tempat gigitan, paru-paru, jantung, otak, gusi hingga saluran pencernaan.

Bisa ular juga dapat menyebabkan mengalami kencing darah serta gangguan pembekuan darah setelah digigit ular.

BACA JUGA:Diteror Ular Piton Sebesar Galon, Warga Empat Lawang Takut Pergi ke Kebun

2. Kardiotoksik, jika digigit ular yang berbisa bida berdampak yang buruk jika tidak ditangani medis serta pertolongan pertama yang sesegera mungkin, karena gejala yang timbul berupa penurunan tekanan darah, syok anafilaksis serta jantung berhenti.

3. Sindroma kompartemen, dimana ini jika terkena gigitan ular dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan tekanan dalam otot, sehingga mengakibatkan pembuluh darah dan saraf bisa terjepit serta lama kelamaan otot bisa kekurangan oksigen dan dapat menyebabkan kelumpuhan.

4. Neurotoksik, ular yang berbisa, bisanya dapat menyerang saraf sehingga menyebabkan penderita merasa kelemahan otot tubuh, kekakuan serta hingga kejang.

Bisa ular juga dapat menyebabkan kematian apabila menyerang saraf pernapasan, gigitan ular dapat menyebabkan penderita sulit untuk bernafas.

5. Dapat menyebabkan bengkak dan infeksi, jika kita di gigit ular tetapi ular tidak berbisa bisa juga menyebabkan infeksi jika tidak dilakukan dengan benar.

Jika luka bekas gigitan tidak segera dibersihkan atau dibiarkan saja tanpa penanganan apapun akan berisiko akan terjadinya infeksi.

BACA JUGA:Diteror Ular Piton Sebesar Galon, Warga Empat Lawang Takut Pergi ke Kebun

Pada zaman sekarang di gigit ular bukan hanya di dalam hutan, alam bebas, kadang ular juga dapat memasuki pemukiman atau perkebunan warga.

Sehingga jika anda tergigit ular atau melihat orang di gigit ular, segeralah lakukan pertolongan pertama serta langsung menghubungi bantuan medis darurat.

Gigitan ular sangat berbahaya sehingga hati-hati dalam melakukan pertolongan pertama, jangan anda melakukan kesalahan pertolongan gigitan ular sebagai berikut :

a. Anda menyedot bisa ular ataupun menyayat kulit untuk mengeluarkan bisa, padahal bisa ular tidak akan menyebar melalui pembuluh darah.

BACA JUGA:Cacar Sapi Tidak Menular ke Manusia, Ini yang Dikatakan Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: