Tiba-tiba Hari Akan Menjadi Gelap! Gerhana Matahari Total Akan Terjadi Menjelang Idul Fitri 2024

Tiba-tiba Hari Akan Menjadi Gelap! Gerhana Matahari Total Akan Terjadi Menjelang Idul Fitri 2024

Ilustrasi gerhana matahari total. FOTO : IST--

ENIMEKSPRES.CO.IDGerhana matahari total akan terjadi menjelang Idul Fitri 2024 atau 1445 Hijriah.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mengamati fenomena alam yang terjadi tersebut dengan menggunakan mata telanjang.

Gerhana matahari total akan terjadi pada hari Senin, 8 April 2024 atau tepatnya beberapa hari menjelang Idul Fitri 2024.

Peristiwa langkah ini tidak akan terjadi secara global, melainkan hanya akan terjadi di Amerika Utara seperti Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat.

BACA JUGA:Abadikan Momen Gerhana Matahari Hibrida Lewat Teleskop

NASA mengatakan bahwa meskipun fenomena alam ini sangat menarik untuk dilihat secara langsung, akan tetapi jika hal ini dilakukan tanpa adanya perlindungan yang memadai akan berdampak serius bagi penglihatan manusia.

Ingatlah untuk tidak melihat matahari secara langsung jika fenomena alam ini sedang terjadi.

Oleh karena itulah, bagi Anda yang sedang mengamati, sebaiknya menggunakan kacamata khusus apabila matahari sudah tertutup seluruhnya oleh piringan bulan.

Adapun cara lain yang dapat Anda lakukan untuk melihatnya adalah dengan menggunakan peralatan khusus, seperti teropong, kamera atau teleskop yang telah dilengkapi dengan lensa khusus untuk mengamati gerhana matahari total yang akan terjadi pada 8 april 2024 mendatang.

BACA JUGA:Ada Gerhana Matahari Hibrida, Masjid Agung Muara Enim Gelar Salat Sunnah Kusuf

Keselamatan merupakan salah satu prioritas utama yang harus kita perhatikan ketika sedang melihat gerhana matahari total.

Pastikan Anda menggunakan kacamata pelindung khusus yang telah dirancang untuk melihat gerhana matahari.

Pada sebelumnya, Peneliti Pusat Riset Antariksa, Organisasi Riset Penerbandan dan Antariksa BRIN, Farahhati Mumtahana mengatakan bahwa fenomena alam yang langkah ini tidak bisa diamati di Indonesia.

Sementara itu, kita masih memerlukan waktu 2 tahun lagi untuk dapat menyaksikan fenomena alam langkah yaitu gerhana matahari total kembali, lebih tepatnya pada 12 Agustus 2026 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: